Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 6 Subtema 3
Assalamu’alaikum Wr. Wb. sobat gurumuda.id!
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) merupakan pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam
kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai
dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari
tersebut. Selama ini proses penyusunan RPP memakan waktu, pikiran, dan tenaga
yang sangat banyak karena terlalu banyaknya komponen penyusunan RPP dalam
kurikulum 2013 sehingga dalam 1 kali pembelajaran, seorang guru harus membuat 1
buah RPP yang rata-rata berjumlah 15 lembar. Hal ini tentunya memberatkan tugas
guru yang justru mengakibatkan terbengkalainya kegiatan belajar mengajar di
kelas karena guru lebih sibuk membuat perangkat administrasi dibanding tugas
utamanya sebagai "Pengajar" di kelas.
Atas dasar fenomena
inilah mendikbud RI, Nadiem Makarim, atau yang akrab disapa mas menteri ini
membuat sebuah kebijakan menyederhanakan RPP dari yang mulanya 15 lembar
menjadi 1 lembar saja. Hal ini termuat dalam Surat Edaran Kemendikbud No. 14
Tahun 2019.
Komponen utama dalam RPP 1 Lembar ini hanya memuat tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran. Untuk lebih lengkapnya bisa di lihat dalam Format RPP 1 Lembar di bawah ini:
Komponen utama dalam RPP 1 Lembar ini hanya memuat tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran. Untuk lebih lengkapnya bisa di lihat dalam Format RPP 1 Lembar di bawah ini:
Dan
berikut meupakan contoh RPP 1 lembar untuk jenjang Sekolah Dasar (SD):
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(Sesuai SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SDN Tritunggal II
Kelas / Semester : 1 /2
Tema
: Lingkungan
Bersih, Sehat, dan Asri (Tema 6)
Sub Tema : Lingkungan
Rumahku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : B Ind, PPKn, SBdP
Muatan Terpadu : B Ind, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
- Melalui
kegiatan membaca dan menyimak isi bacaan siswa mampu menyebutkan ungkapan
petunjuk yang terdapat dalam teks dengan tepat.
- Dengan mengerjakan
lembar kerja, siswa dapat menuliskan ungkapan petunjuk yang ada di dalam
teks dengan tepat.
- Melalui kegiatan diskusi siswa mampu menggali informasi dan
menjelaskan aturan di rumah yang berhubungan dengan kebersihan rumah.
- Melalui kegiatan wawancara
siswa mampu mendata kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan
menjaga kebersihan di rumah.
- Dengan menyimak lagu dan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi
kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
- Dengan menggunakan instrumen musik ritmis siswa mampu mempraktikkan
kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
v Mengulas
sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Mengamati
1.
Siswa membaca wacana yang ada pada buku secara
bergantian sesuai arahan guru.(Literasi)
2.
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait
dengan isi bacaan.(Creativity and Innovation)
Ayo Berdiskusi
1. Guru meminta siswa
mengamati gambar. Lalu siswa berpasangan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan
terkait keadaan yang mereka lihat
tersebut
Ayo Bernyanyi
1. Setelah waktunya
habis, siswa diajak menyimak sebuah
lagu terkait lingkungan rumahku.
2. Siswa menirukan
apa yang dicontohkan oleh guru baik bersama-sama, berkelompok, maupun
sendiri-sendiri.(Creativity and Innovation)
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
v Sebagai penutup guru menanyakan bagaimana
perasaan siswa setelah mengikuti seluruh kegiatan.(Communication)
v Siswa bergantian merespon pertanyaan guru.
v Siswa juga diminta melakukan refleksi diri
berdasarkan hasil belajar yang mereka rasakan.
v Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa
menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua. (Mandiri)
v Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
v
Salam dan do’a penutup di
pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
|
15
menit
|
G.
PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Bagi
sobat gurumuda.id yang ingin download contoh
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 6 Subtema 3, Silahkan klik tautan di bawah ini:
Harapan
kami semoga artikel ini bermanfaat. Tetap semangat!
Post a Comment for "Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 6 Subtema 3"