Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 6 Subtema 3


 RPP 1 Lembar


Assalamu’alaikum Wr. Wb. sobat gurumuda.id!
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Selama ini proses penyusunan RPP memakan waktu, pikiran, dan tenaga yang sangat banyak karena terlalu banyaknya komponen penyusunan RPP dalam kurikulum 2013 sehingga dalam 1 kali pembelajaran, seorang guru harus membuat 1 buah RPP yang rata-rata berjumlah 15 lembar. Hal ini tentunya memberatkan tugas guru yang justru mengakibatkan terbengkalainya kegiatan belajar mengajar di kelas karena guru lebih sibuk membuat perangkat administrasi dibanding tugas utamanya sebagai "Pengajar" di kelas.
Atas dasar fenomena inilah mendikbud RI, Nadiem Makarim, atau yang akrab disapa mas menteri ini membuat sebuah kebijakan menyederhanakan RPP dari yang mulanya 15 lembar menjadi 1 lembar saja. Hal ini termuat dalam Surat Edaran Kemendikbud No. 14 Tahun 2019.
Komponen utama dalam RPP 1 Lembar ini hanya memuat tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran. Untuk lebih lengkapnya bisa di lihat dalam Format RPP 1 Lembar di bawah ini:


Dan berikut meupakan contoh RPP 1 lembar untuk jenjang Sekolah Dasar (SD):

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(Sesuai SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan              : SDN Tritunggal II
Kelas / Semester                  :  1 /2
Tema                                   :  Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri (Tema 6)
Sub Tema                             :  Lingkungan Rumahku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu                 :  B Ind, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke                  :  1
Alokasi waktu                     :  1 hari

A.      TUJUAN
  1. Melalui kegiatan membaca dan menyimak isi bacaan siswa mampu menyebutkan ungkapan petunjuk yang terdapat dalam teks dengan tepat.
  2. Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan ungkapan petunjuk yang ada di dalam teks dengan tepat.
  3. Melalui kegiatan diskusi siswa mampu menggali informasi dan menjelaskan aturan di rumah yang berhubungan dengan kebersihan rumah.
  4. Melalui kegiatan wawancara  siswa mampu mendata kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan menjaga kebersihan di rumah.
  5. Dengan menyimak lagu dan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
  6. Dengan menggunakan instrumen musik ritmis siswa mampu mempraktikkan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.

F.       KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
v  Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya
10
menit
Kegiatan
Inti
Ayo Mengamati
1.        Siswa membaca wacana yang ada pada buku secara bergantian sesuai arahan guru.(Literasi)
2.        Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan isi bacaan.(Creativity and Innovation)
Ayo Berdiskusi
1.       Guru meminta siswa mengamati gambar. Lalu siswa berpasangan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait  keadaan yang mereka lihat tersebut
Ayo Bernyanyi
1.       Setelah waktunya habis, siswa  diajak menyimak sebuah lagu terkait lingkungan rumahku.
2.       Siswa menirukan apa yang dicontohkan oleh guru baik bersama-sama, berkelompok, maupun sendiri-sendiri.(Creativity and Innovation)
150
menit
Kegiatan
Penutup
v  Sebagai penutup guru menanyakan bagaimana perasaan siswa setelah mengikuti seluruh kegiatan.(Communication)
v  Siswa bergantian merespon pertanyaan guru.
v  Siswa juga diminta melakukan refleksi diri berdasarkan hasil belajar yang mereka rasakan.
v  Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua. (Mandiri)
v  Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
v  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
15
menit

G.     PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Bagi sobat gurumuda.id yang ingin download contoh RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 6 Subtema 3, Silahkan klik tautan di bawah ini:


Harapan kami semoga artikel ini bermanfaat. Tetap semangat!

Post a Comment for "Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 6 Subtema 3"