Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Judul PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling) SMP/SMA

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.

Untuk memilih judul PTK, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  1. Tentukan area atau bidang yang ingin diteliti. Misalnya, jika Anda seorang guru matematika, maka area yang ingin diteliti bisa berkaitan dengan pembelajaran matematika.
  2. Identifikasi masalah atau permasalahan yang ingin dipecahkan. Anda dapat mencari tahu apa saja masalah yang sering dihadapi dalam pembelajaran matematika, baik dari pengalaman Anda sendiri, bacaan, atau sumber lainnya.
  3. Buat pertanyaan penelitian yang jelas dan terfokus. Misalnya, "Bagaimana penggunaan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 5?".
  4. Tinjau literatur yang berkaitan dengan topik yang Anda pilih. Baca jurnal, artikel, atau penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan topik Anda. Hal ini akan membantu Anda memperdalam pemahaman dan menentukan sudut pandang penelitian yang spesifik.
  5. Tetapkan metode penelitian yang akan digunakan. Pilih metode yang sesuai dengan pertanyaan penelitian Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengetahui dampak penggunaan media interaktif terhadap hasil belajar, maka metode penelitian eksperimen bisa menjadi pilihan.
  6. Buat judul PTK yang jelas dan mencerminkan tujuan penelitian Anda. Judul harus menggambarkan topik yang akan diteliti dan dapat menarik minat pembaca.

Penelitian bimbingan konseling adalah penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan atau meningkatkan layanan bimbingan konseling di suatu lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dan efisiensi layanan bimbingan konseling, serta memberikan saran dan rekomendasi bagi pengembangan program bimbingan konseling di masa depan.

Penelitian bimbingan konseling dapat melibatkan berbagai teknik penelitian, seperti penelitian eksperimental, penelitian kuantitatif atau kualitatif, dan penelitian tindakan. Teknik penelitian yang digunakan tergantung pada tujuan penelitian dan masalah yang ingin dipecahkan.

Contoh topik penelitian bimbingan konseling antara lain meningkatkan efektivitas layanan bimbingan konseling, pengembangan program bimbingan konseling untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa, peningkatan kualitas layanan konseling di lembaga pendidikan, serta evaluasi program bimbingan konseling untuk mengevaluasi dampaknya terhadap siswa dan lembaga pendidikan.

Berikut merupakan Judul PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling) yang telah kami rangkum:

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI MTs NEGERI 2 GURUMUDA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEHNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GURUMUDA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PENGGUNAAN PENDEKATAN KUIS TIM UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB INDIVIDU DALAM KELOMPOK BELAJAR SISWA KELAS 8 A SMP NEGERI 1 GURUMUDA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX E DI SMP NEGERI 2 GURUMUDA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

PENERAPAN TEKNIK MODELING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 GURUMUDA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE GROUP DINAMYCS DI KELAS 9 M MTs NEGERI 1 GURUMUDA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX E DI SMP NEGERI 2 GURUMUDA TAHUN PELAJARAN 2020/2021


Semoga Judul PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling) tersebut memberikan referensi Bapak/Ibu guru yang kesulitan mendapatkan judul yang sesuai.

Post a Comment for "Judul PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling) SMP/SMA"