CARA MUDAH DOWNLOAD PREFILL PMP 2019


 PREFILL PMP 2019

Selamat malam sobat gurumuda.id, juga rekan-rekan sesame Operator Sekolah (OPS) di seluruh wilayah Indonesia, Salam Satu Data!
PMP 2019 sudah lama rilis, akan tetapi terjadi banyak kendala, salah satu diantaranya adalah lambatnya akses dalam mengerjakan Aplikasi PMP secara online. Untuk itu sesuai surat edaran tanggal 11 November 2019, Ditjen Dikdasmen telah merilis Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan tahun 2019 yang terdiri dari Aplikasi Web Portal PMP, EDS Dikdasmen Daring, Supervisi Mutu, dan Manajemen PMP. Aplikasi tersebut dapat diakses dengan metode dalam jaringan (daring). Melihat kondisi jangkauan internet yang masih beragam pada sekolah-sekolah di beberapa wilayah Indonesia, Ditjen Dikdasmen merilis Aplikasi PMP Offline atau yang sekarang disebut Evaluasi Diri Sekolah dengan metode luar jaringan (luring) atau Aplikasi EDS Dikdasmen Offline.
Akan tetapi kendala baru juga masih muncul, yakni sulitnya mengunduh prefill PMP 2019 sebagai master data dalam registrasi PMP secara offline bagi sebuah lembaga, sehingga melalui Web Portal PMP secara resmi menutup akses unduhan prefill PMP setidaknya selama 3 hari sejak 15 November 2019.
Nah, setelah bisa diakses kemarin tanggal 20 November 2019, sebagian besar Operator Sekolah mulai mengakses unduhan Prefill PMP 2019 melalui beberapa link yang disediakan sesuai dengan provinsi masing-masing. Akan tetapi hasilnya tetap sama, lebih banyak yang gagal mengunduh prefill PMP 2019 dibanding mereka yang berhasil. Luar biasa membingungkan bukan? Secara Operator Sekolah sudah diultimatum kepala sekolah untuk segera menyelesaikan EDS dikdasmen sesuai instrument yang sudah mereka kerjakan.
Menjawab sulitnya mengakses unduhan prefill PMP 2019, Admin gurumuda.id mencoba berbagi tips and trik bagaimana download prefill PMP 2019 offline dengan muda. Berikut langkah-langkahnya:
1.        Buka link berikut http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
2.        Masukkan NPSN (Lihat Gambar)

 PMP 2019 Prefill
3.        Tekan ENTER pada keyboard
4.        Jika sudah muncul nama lembaga, Klik tombol Unduh Prefill (lihat Gambar)
 Download Prefill PMP 2019
Jika sudah sukses unduh prefill PMP 2019, Langkah selanjutnya adalah melakukan instruksi di bawah ini:
1.        Prefill ini hanya dapat digunakan satu kali saja pada saat registrasi EDS Offline pertama kali setelah diinstall.
2.        Dikhususkan untuk sekolah yang sinkronisasi terakhir tanggal 15 November 2019 atau sekolah yang belum pernah melakukan penginputan EDS Offline.
3.        File unduhan prefill disimpan pada folder c:/prefill_dapodik, kemudian lakukan registrasi EDS Offline
4.        Registrasi EDS Offline hasil generate prefill nasional menggunakan user: u_prefill_pmp dan password: p4ssw0rd_pmp
5.        Selanjutnya, jika telah terjadi perubahan/penginputan data, prefill ini tidak dapat digunakan kembali dan harus menggunakan generate prefill reguler terbaru yang telah disediakan di bawah ini.
Itulah langkah-langkah bagaimana download prefill PMP 2019 Offline dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat.


Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter