Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadwal Pelajaran SD Kurikulum 2013 Kelas 1-6


 Jadwal Pelajaran


Selamat menjalankan aktivitas mulia mencerdaskan anak bangsa bagi sobat guru SD se-Indonesia. Dalam postingan kali ini admin gurumuda.id akan membagikan Jadwal Pelajaran SD Kurikulum2013 Kelas 1-6 tahun pelajaran 2019/2020.
Di dalam implementasi kurikulum 2013, keberhasilan pelaksanaan pembelajaran tematik dipengaruhi oleh seberapa jauh pembelajaran tersebut dirancang sesuai dengan kondisi dan potensi siswa (minat, bakat, kebutuhan, dan kemampuan). Kompetensi dasar dan indikator yang harus dikuasai siswa sudah tertulis dalam Kurikulum 2013 pada setiap tema yang terpisah satu dengan lainnya. Mengingat kondisinya seperti itu, maka hal pertama yang perlu mendapat perhatian guru dalam merancang pembelajaran tematik di sekolah dasar yaitu kejelian dalam mengidentifikasi dan menetapkan kompetensi dasar dan indikator pada setiap matapelajaran yang akan dipadukan. Guru harus memahami betul kandungan isi dari masing-masing kompetensi dasar dan indikator tersebut sebelum dilakukan pemaduan-pemaduan.
Penerapan sistem guru kelas di sekolah dasar, di mana guru memiliki pengalaman mengajarkan seluruh matapelajaran, guru bisa lebih cepat melihat keterhubungan kompetensi dasar dan indikator antar-matapelajaran. Dalam merancang pembelajaran tematik di sekolah dasar bisa dilakukan dengan dua cara. 
Cara pertama, dimulai dengan menetapkan terlebih dahulu tema-tema tertentu yang akan diajarkan, dilanjutkan dengan mengidentifikasi dan memetakan kompetensi dasar pada beberapa mata pelajaran yang diperkirakan relevan dengan tema-tema tersebut. Tema-tema ditetapkan dengan memperhatikan lingkungan yang terdekat dengan siswa, dimulai dari hal yang termudah menuju yang sulit, dari hal yang sederhana menuju yang kompleks, dan dari hal yang konkret menuju ke hal yang abstrak.
Cara kedua, dimulai dengan mengidentifikasi kompetensi dasar dari beberapa mata pelajaran yang memiliki hubungan, dilanjutkan dengan penetapan tema pemersatu. Dengan demikian, tema-tema pemersatu tersebut ditentukan setelah mempelajari kompetensi dasar dan indikator yang terdapat dalam masing-masing mata pelajaran. Penetapan tema dapat dilakukan dengan melihat kemungkinan materi pelajaran pada salah satu mata pelajaran yang dianggap dapat mempersatukan beberapa kompetensi dasar pada beberapa mata pelajaran yang akan dipadukan.
Model jadwal pelajaran tematik dengan tema adalah model jadwal yang pada umumnya dipakai di Sekolah Dasar maupun di Madrasah Ibtidaiyah. Model ini paling mudah diterapkan dan biasanya dipakai untuk pembelajaran tematik sesuai dengan kurikulum 2013. Sebagian guru menyebutkan model ini dengan “Mata pelajaran masuk pada tema”. Artinya mata pelajaran yang dipakai dalam pembelajaran tematik tidak nampak dalam jadwal, tetapi yang tertulis dijadwal adalah nama sesuai tema.
Jadwal pelajaran tematik secara terintegrasi adalah jadwal pelajaran yang menggunakan tema-tema, bukan mata pelajaran. Oleh karena itu, dalam jadwal mata pelajaran tidak tertulis nama-nama mata pelajaran. Tema-tema yang digunakan dalam pembelajaran selama satu semester. Semua guru di kelas 1-6 dengan persetujuan Kepala Madrasah  atau Sekolah dan wakasek, menentukan tema-tema yang digunakan dalam pembelajaran tematik, dan setiap minggu pada minggu efektif, guru-guru harus bersepakat menentukan tema yang digunakan dalam jangka minggu tertentu disesuaikan dengan momen dan kondisi. 
Berikut kami bagikan contoh JadwalPelajaran SD Kurikulum 2013 Kelas 1-6 Tahun Pelajaran 2019/2020:
Itulah contoh Jadwal Pelajaran SD Kurikulum 2013 Kelas 1-6. Semoga artikel ini bermanfaat!

Post a Comment for "Jadwal Pelajaran SD Kurikulum 2013 Kelas 1-6"