Download RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 8 Subtema 4
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Kompetensi Dasar serta indikator pada hari tersebut. Selama ini proses penyusunan RPP memakan waktu, pikiran, dan tenaga yang sangat banyak karena terlalu banyaknya komponen penyusunan RPP dalam kurikulum 2013 sehingga dalam 1 kali pembelajaran, seorang guru harus membuat 1 buah RPP yang rata-rata berjumlah 15 lembar. Hal ini tentunya memberatkan tugas guru yang justru mengakibatkan terbengkalainya kegiatan belajar mengajar di kelas karena guru lebih sibuk membuat perangkat administrasi dibanding tugas utamanya sebagai "Pendidik" di kelas.
Atas dasar fenomena inilah mendikbud RI, Nadiem Makarim, atau yang akrab disapa mas menteri ini membuat sebuah kebijakan menyederhanakan RPP dari yang mulanya 15 lembar menjadi 1 lembar saja. Hal ini termuat dalam Surat Edaran Kemendikbud No. 14 Tahun 2019.
Komponen utama dalam RPP 1 Lembar ini hanya memuat tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran. Untuk lebih lengkapnya bisa di lihat dalam Format RPP 1 Lembar di bawah ini:
Dan berikut meupakan contoh RPP 1 lembar untuk jenjang Sekolah Dasar (SD):
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(Sesuai SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : www.gurumuda.id
Kelas / Semester : 2 /2
Tema : Pengalamanku (Tema 5)
Sub Tema : Pengalamanku di Rumah (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan memperhatikan pembacaan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
2. Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
3. Dengan mengamati gambar jam dinding, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
4. Dengan mengamati berbagai gambar benda, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
5. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan benar.
6. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
7. Dengan mengamati teks lagu “Bunda Piara”, siswa dapat memainkan pola irama sederhana
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
10 menit
|
Inti
|
(Sintak Model Discovery Learning)
Ayo Mengamati
· Siswa mendengarkan teks percakapan antara Beni dan Ibunya
Ayo Mengamati
· Siswa mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya siapa, mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati (menanya).
· Siswa lain diminta menjawab pertanyaan yang diajukan (menanya). (Mandiri)
Ayo Menulis
· Siswa bertanya jawab tentang isi teks percakapan (menanya).
· Siswa menyebutkan beberapa isi teks percakapan yang diketahuiny (mengomunikasikan).
Ayo Berlatih
· Siswa mengamati gambar “Beni meminta maaf kepada ibunya” (mengamati).
· Siswa bertanya jawab tentang gambar (menanya).
Ayo Mengamati
· Siswa mengamati gambar jam dinding (mengamati).
· Siswa bertanya jawab tentang gambar jam dinding (menanya).
Ayo Mencoba
· Siswa sudah mengetahui cara mengukur benda menggunakan penggaris (menalar).
· Siswa mengerjakan latihan untuk mengukur benda yang ada di sekitar (menalar).
· Siswa mengukur minimal lima benda (mencoba).
· Siswa menulis nama benda yang diukurnya di dalam kolom yang disediakan (mencoba).
· Siswa menulis panjang benda yang diukurnya dengan satuan cm (mencoba).
Ayo Berlatih
· Siswa mengamati gambar berbagai jenis benda (mengamati).
· Siswa menentukan benda yang dapat diukur dengan penggaris (mencoba).
Ayo Bernyanyi
· Siswa membaca teks lagu “Pelangi-Pelangi” (mengamati).
· Siswa menyanyikan lagu “Pelangi-Pelangi” (mencoba).
· Siswa bertanya jawab tentang tekanan nada (menanya).
· (mengamati). (Creativity and Innovation)
Ayo Berdiskusi
· Siswa berdiskusi menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana (mengomunikasikan).
· Siswa berdiskusi menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana (mengomunikasikan).
|
150
menit
|
Penutup
|
A. Kerjasama dengan Orang Tua
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Untuk download contoh RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 8 Subtema 4, Silahkan klik tautan di bawah ini:
Semoga artikel tentang RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 8 Subtema 4 ini bermanfaat!
Post a Comment for "Download RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 8 Subtema 4"