RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

 RPP 1 LEMBAR

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Kompetensi Dasar serta indikator pada hari tersebut. Selama ini proses penyusunan RPP memakan waktu, pikiran, dan tenaga yang sangat banyak karena terlalu banyaknya komponen penyusunan RPP dalam kurikulum 2013 sehingga dalam 1 kali pembelajaran, seorang guru harus membuat 1 buah RPP yang rata-rata berjumlah 15 lembar. Hal ini tentunya memberatkan tugas guru yang justru mengakibatkan terbengkalainya kegiatan belajar mengajar di kelas karena guru lebih sibuk membuat perangkat administrasi dibanding tugas utamanya sebagai "Pendidik" di kelas.
Atas dasar fenomena inilah mendikbud RI, Nadiem Makarim, atau yang akrab disapa mas menteri ini membuat sebuah kebijakan menyederhanakan RPP dari yang mulanya 15 lembar menjadi 1 lembar saja. Hal ini termuat dalam Surat Edaran Kemendikbud No. 14 Tahun 2019.
Komponen utama dalam RPP 1 Lembar ini hanya memuat tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran. Untuk lebih lengkapnya bisa di lihat dalam Format RPP 1 Lembar di bawah ini:



Dan berikut meupakan contoh RPP 1 lembar untuk jenjang Sekolah Dasar (SD):

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(Sesuai SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan                 :   SDN www.gurumuda.id
Kelas / Semester                   :  I (Satu) / 1
Tema 1                                 :  Diriku
Sub Tema 1                          :   Aku dan Teman Baru
Muatan Terpadu                    :   Bahasa Indonesia, PJOK, SBdP
Pembelajaran                        :  4
Alokasi Waktu                       :   1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Dengan mendengar arahan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan berjalan lurus ke satu arah dengan benar.
2.   Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan jalan berpasangan sambil bergandengan tangan.
3.   Dengan permainan jalan berpasangan, siswa dapat mengenali huruf pertama nama sendiri dan nama-nama teman sekelas.
4.   Dengan arahan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi suara teman.

B.  KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. (religius)
  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
  Membaca bacaan “Sahabat” (Literasi)
  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Aku dan Teman Baru”.
  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
·         Guru mengajak siswa ke luar kelas. Seluruh siswa berbaris berdasarkan urutan tinggi badan.
·         Menyanyikan Lagu Garuda Pancasila (Nasionalis)
·         Siswa diminta melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga. Seluruh siswa berjalan dengan rapi mengelilingi lapangan. (Mandiri)
·         Setelah pemanasan selesai, siswa dibagi menjadi dua kelompok yang sama banyaknya. Seluruh siswa di setiap kelompok diminta berbaris berjajar yang rapi saling berhadapan. Satu kelompok di sisi sebelah kiri, kelompok yang lain di sisi sebelah kanan guru. (Critical Thinking and Problem Solving)
·         Seluruh siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi. (Communication, Collaboration)
·         Setelah itu siswa diminta untuk mencari pasangan yang telah ditentukan sebelumnya. Karena nanti akan berpegangan tangan, siswa perempuan berpasangan dengan siswa perempuan, siswa laki-laki dengan siswa laki-laki. Setiap pasangan salah satu anggotanya memiliki nama dengan huruf pertama adalah konsonan. (creativity and Innovation)
·         Siswa lalu diminta untuk saling berpegangan tangan. (Integritas)
·         Seluruh pasangan dibagi dalam dua kelompok yang sama banyaknya dan berdiri berjajar saling berhadapan.
·         Guru kemudian menyediakan 2 set kartu huruf a-z. Masing-masing set kartu huruf dimasukkan di dalam sebuah kotak dan diletakkan di belakang masing-masing barisan.
·         Kali ini setiap pasangan berlomba untuk mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing. (Critical Thinking and Problem Solving)
·         Setiap pasangan akan mencari kartu huruf tersebut di dalam kotak yang ada di seberang barisannya. (Gotong-royong)
·         Sekali lagi seluruh siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi bersama pasangan masing-masing.
·         Setiap pasangan tidak boleh menyenggol pasangan lainnya saat bertukar posisi.
·         Ketika selesai bertukar posisi, setiap pasangan berlomba mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing. Kartu huruf hanya tersedia 1 set untuk masing-masing barisan sehingga tidak semua pasangan bisa mendapatkan huruf yang dimaksud. Siapa cepat dia dapat. (Critical Thinking and Problem Solving)
·         Setelah berlomba mendapatkan kartu huruf, semua pasangan kembali berdiri berjajar saling berhadapan dengan posisi yang rapi.
·         Guru mengamati setiap pasangan, mana yang bisa menemukan kartu huruf dan mana yang tidak.
·         Pasangan yang tidak mendapatkan kartu huruf harus menyebutkan huruf pertama dari nama masing-masing.
·         Sambil beristirahat (siswa boleh duduk dengan posisi kaki lurus ke depan), kegiatan ditutup dengan menanyakan pengalaman dan perasaan siswa saat melakukan kegiatan mencari huruf dengan berjalan lurus. (Literasi)
·         Siswa lalu kembali ke dalam kelas.
·         Guru menyampaikan bahwa siswa akan bermain tebak suara.
·         Sebelum bermain, minta semua siswa untuk menyebutkan nama masing-masing. (Mandiri)
·         Saat seorang siswa menyebutkan namanya, siswa yang lain mendengarkan warna suara siswa tersebut. Minta siswa untuk mengingat warna suara teman-temannya. (Critical Thinking and Problem Solving)
·         Untuk memberi contoh cara bermain tebak suara, guru lalu menunjuk 10 orang siswa maju ke depan kelas.
·         Kesepuluh orang siswa itu berdiri membentuk lingkaran. Salah satu siswa dipakaikan penutup mata. ( Collaboration)
·         Setelah itu, secara acak salah satu dari sembilan siswa menyanyikan bait pertama lagu “Siapa namamu?”. Siswa yang memakai penutup lalu menebak nama siswa yang sedang menyanyi (berdasarkan warna suaranya), sambil menyayikan bait kedua lagu “Siapa namamu?” (creativity and Innovation)
·         Guru kemudian membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 8-10 siswa. Setiap siswa di setiap kelompok secara bergiliran memakai penutup mata dan menebak suara teman yang menjadi anggota kelompoknya. ( Collaboration)
·         Agar para siswa dapat focus dengan suara teman kelompoknya, maka setiap kelompok diatur posisinya agak berjauhan.
·         Guru melihat jalannya permainan dengan mendatangi setiap kelompok dan mengamatinya.
35 Menit X  30 JP
Penutup
  Kegiatan ditutup dengan refleksi dan tanya jawab dengan siswa:
“Bagaimana perasaan kalian setelah mengikuti kegiatan hari ini?” ( Collaboration)
“Apakah ada bagian dari kegiatan yang sulit/mudah? Mengapa?”
“Ayo, sebutkan huruf pertama nama masing-masing!”
“Bagaimana kalian bisa membedakan warna suara teman?”
“Mengapa warna suara teman berbeda, ya?”
·         Guru mangajak siswa berdoa dan siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang. (Religius)
15 menit

C.  PENILAIAN
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,
MUHAMMAD,S.Pd.
NIP. 19620101 198001 1 001
Babat, Juli 2020
Guru Kelas 1 
GURUMUDA.id 
NIP. 19830802 200604 1 004



Untuk download contoh RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 1 Tahun Pelajaran 2020/2021, Silahkan klik tautan di bawah ini:

Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 1 Subtema 1
Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 1 Subtema 2
Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 1 Subtema 3
Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 1 Subtema 4

RPP yang kami buat sudah tersusun rapi ke dalam format Microsoft Office, sehingga memudahkan sobat gurumuda.id semua jika ingin mengubah isi dalam RPP 1 lembar tersebut.
Semoga tulisankami tentang RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 ini bermanfaat!

No comments for "RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 1 Tahun Pelajaran 2020/2021"