Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI POKOK BAHASAN BENTUK-BENTUK BADAN USAHA MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Contoh PTK Ekonomi


MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI POKOK BAHASAN BENTUK-BENTUK BADAN USAHA MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Sebagai pengajar atau pendidik, guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Itulah sebabnya setiap adanya inovasi pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dari upaya pendidikan selalu bermuara pada faktor guru. Hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya  peran guru dalam dunia pendidikan. Demikian pula dalam upaya membelajarkan siswa guru dituntut memiliki multi peran sehingga mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif.
Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya. Kesempatan belajar dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Menggunakan waktu pelajaran secara efektif berarti memberi kesempatan belajar semakin banyak dan optimal serta guru menunjukkan keseriusannya saat mengajar sehingga dapat membangkitkan minat atau motivasi siswa untuk belajar. Makin banyak siswa terlibat aktif dalam belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya. Sedangkan dalam meningkatkan kualitas dalam mengajar hendaknya guru mampu merencanakan program pengajaran dan sekaligus mampu pula melakukan dalam bentuk interaksi belajar mengajar.


Di luar lingkungan sekolah, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan semua pihak dapat memperoleh informasi dengan melimpah, cepat dan mudah dari berbagai sumber dan tempat di dunia. Selain perkembangan yang pesat, perubahan juga terjadi dengan cepat. Karenanya diperlukan kemampuan untuk memperoleh, dan mengelola dan memanfaatkan informasi untuk bertahan pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti dan kompetitif. Kemampuan ini membutuhkan pemikiran, antara lain berpikir sistematis, logis, kritis yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran ekonomi.
Dalam pembelajaran Ekonomi tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu aktivitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas ekonomi dengan bekerja kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain. (Hartoyo, 2000: 24).
Langkah-langkah tersebut memerlukan partisipasi aktif dari siswa. Untuk itu perlu ada metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Adapun metode yang dimaksud adalah metode pembelajaan kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah suatu pengajaran yang melibatkan siswa bekerja dalam kelompok-kelompok untuk menetapkan tujuan bersama. Felder, (1994: 2).
Pembelajaran kooperatif lebih menekankan interaksi antar siswa. Dari sini siswa akan melakukan komunikasi aktif dengan sesama temannya. Dengan komunikasi tersebut diharapkan siswa dapat menguasai materi pelajaran dengan mudah karena “siswa lebih mudah memahami penjelasan dari kawannya dibanding penjelasan dari guru karena taraf pengetahuan serta pemikiran mereka lebih sejalan dan sepadan”. (Sulaiman dalam Wahyuni 2001: 2).
Penelitian juga menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang amat positif terhadap siswa yang rendah hasil belajarnya. (Nur, 1996: 2).
Pete Tschumi dari Universitas Arkansas Little Rock memperkenalkan suatu ilmu pengetahuan pengantar pelajaran komputer selama tiga kali, yang pertama siswa bekerja secara individu, dan dua kali secara kelompok. Dalam kelas pertama hanya 36% siswa yang mendapat nilai C atau lebih baik, dan dalam kelas yang bekerja secara kooperatif ada 58% dan 65% siswa yang mendapat nilai C atau lebih baik (Felder, 1994:14).
Berdasarkan paparan tersebut diatas maka peneliti ingin mencoba melakukan penelitian dengan judul “Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Badan Usaha Melalui Metode Kooperatif Model Learning Together Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016”.




B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan suatu masalah sebagai berikut:
  1. Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode kooperatif model Learning Together pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016?
  2. Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa dengan diterapkannya metode kooperatif model Learning Together pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016?

C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
  1. Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode kooperatif model Learning Together pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016.
  2. Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode kooperatif model Learning Together pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016.

D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi:
  1. Sekolah sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi.
  2. Guru, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.
  3. Siswa, dapat meningkatkan motiviasi belajar dan melatih sikap sosial untuk saling peduli terhadap keberhasilan siswa lain dalam mencapai tujuan belajar.

E. Penjelasan Istilah
Agar tidak terjadi salah persepsi terhadap judul penelitian ini, maka perlu didefinisikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Metode kooperatif adalah:
Suatu pengajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja dalam kelompok-kelompok untuk menetapkan tujuan bersama
  1. Motivasi belajar adalah:
Merupakan daya penggerak psikis dari dalam diri seseorang untuk dapat melakukan kegiatan belajar dan menambah keterampilan, pengalaman. Motivasi mendorong dan mengarah minat belajar untuk tercapai suatu tujuan.
  1. Prestasi belajar adalah:
Hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran ekonomi.
  1. Bentuk-bentuk Badan Usaha
Badan Usaha yang dimaksud dalam penelitian ini hanya terfokus pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu badan usaha yang sebagian atau seluruh kepemilikannya dimiliki oleh Negara Republik Indonesia. BUMN dapat pula berupa perusahaan nirlaba yang bertujuan untuk menyediakan barang atau jasa bagi masyarakat

F.   Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian
Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah yang meliputi:
  1. Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016.
  2. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September semester ganjil tahun palajaran 2015/2016.
  3. Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan Bentuk-Bentuk Badan Usaha (BUMN).
 FILE LENGKAP SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOD DI BAWAH INI



Post a Comment for "MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI POKOK BAHASAN BENTUK-BENTUK BADAN USAHA MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2015/2016"