Rambu Rambu Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas
A. Judul : singkat, spesifik, menunjukkan gambaran masalah,tindakan, hasil, dan lokasi, maksimal 15 kata
B. Bab I Pendahuluan:
1. Latar
belakang; berisi tentang
hal yang terjadi di sekolah, bersifat penting, bersifat mendesak, dapat dilakukan,
jelas masalahnya atau berupa kondisi ideal, kondisi nyata,
gap
kondisi ideal dan kondisi nyata serta pemecahan
masalah
2. Rumusan masalah; kalimat tanya yang berisi tentang : asumsi,
lingkup penelitian, alternatif tindakan, indikator keberhasilan, dan cara penyelesaian masalah.
3. Pemecahan
masalah/identifikasi masalah; berisi tentang uraian alternatif tindakan berdasarkan prioritas
tindakan pemecahan masalah.
4. Tujuan; berisi tujuan umum, tujuan
khusus atau cukup tujuan
berisi tentang tujuan yang
dapat diukur ketercapaiannya.
5. Manfaat; berupa
manfaat bagi siswa, guru, sekolah, atau
komponen
yang terkait.
lebih baik kemukakan hal yang berupa inovasi.
C. Bab II Kajian Teori
Berisi tentang teori yang mendasari penelitian, kajian teori
mengungkap
tentang
:
What (apa) berupa
definisi
atau pengertian, Who
(
siapa)
berupa
siapa
penemu atau pendapat siapa,
Why ( mengapa) mengapa teori itu
ada, How
(
bagaimana)
teori
itu
digunakan atau hasil penelitian terdahulu (yang telah dilakukan orang
lain)
D. Bab III Metode Penelitian
1. Seting penelitian; berisi
tentang
lokasi sekolah, kelas
berapa,
jumlah
siswa, komposisi siswa,
situasi
lingkungan siswa, berapa lama penelitian dilakukan (sebutkan antara
waktu)
2. Indikator keberhasilan; berisi
berupa
indikator
keberhasilan
yang menjadi acuan keberhasilan
dalam
setiap
tindakan,
berupa gradasi seperti : 80-100 : sangat berhasil, 60-79 : berhasil, 40-59 : cukup
berhasil, 20- 39
:
kurang berhasil,
0-19
:
tidak
berhasil.
Kalau kemampuan kognitif yang diukur angka Kriteria Ketuntasan Minimal bisa dijadikan sebagai acuan,
3. Gambaran umum penelitian (siklus tindakan); berisi tindakan
tindakan tiap siklusnya, yang dalam setiap siklus berupa : kegiatan
perencanaan, kegiatan pelaksanaan, kegiatan pengamatan serta kegiatan refleksi, refleksi pada siklus pertama bisa dijadikan acuan untuk perencanaan tindakan pada siklus
kedua dan seterusnya.
4. Instrumen
yang
digunakan,
pedoman observasi, alat
perekam
dll
E. Bab IV Hasil Penelitian
dan Pembahasan
Berisi hasil pengamatan dari observer, analisis data dan refleksi dari
kegiatan
dalam
setiap siklus. Hasil refleksi merupakan rencana
tindakan dalam
tiap siklusnya. Hasil pengamatan berupa tindakan guru dan kegiatan siswa.
F. Bab V Kesimpulan
dan Saran
Berisi kesimpulan dari penelitian dan saran tindakan perbaikan atas hasil penelitian (bisa berupa rekomendasi)
Post a Comment for "Rambu Rambu Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas"