PENGERTIAN JURNAL ILMIAH


            Menurut  wikipedia Jurnal ilmiah  merupakan  salah  satu  jenis jurnal akademik di mana penulis (umumnya peneliti) mempublikasikan artikel ilmiah yang biasanya memberikan kontribusi terhadap  teori atau penerarapan ilmu. Untuk memastikan  kualitas ilmiah pada artikel yang diterbitkan, suatu artikel biasa diteliti oleh rekan-rekan sejawatnya dan direvisi oleh penulis, hal ini dikenal sebagai peer review (review oleh orang-orang yang lebih berkompeten). 
Berdasarkan versi lain, jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk majalah yang berisi bahan ilmiah yang diterbitkan untuk orang-orang dengan minat khusus (misal: matematika). Awalnya  jurnal dalam bentuk buku, namun seiring berkembangnya teknologi informasi, jurna l kini diterbitkan dalam  bentuk elektronik, atau lebih dikenal dengan nama  e-Journal. Jurnal biasanya diterbitkan 2-3 kali dalam setahun,

2.      Karakteristik Jurnal Ilmiah

Umumnya jurnal ilmiah  memiliki aspek perkembangan ilmu, bukan artikel ilmiah biasa. Seleksinya pun cenderung sangat ketat, apalagi jurnal internasional. Jurnal memiliki cakupan materi yang luas namun sangat padat, hanya 6-8 halaman, namun setiap kalimatnya bernilai ilmu pengetahuan. Jurnal bersifat sangat efektif, tidak memuat gambar atu tabel. Untuk jurnal matematika, umumnya banyak teori rumus dasar yang tidak ditulis, sehingga hanya orang-orang yang sebidang yang dapat memahami isi dari jurnal ilmiah tersebut.

Jurnal ilmiah wajib memenuhi persyaratan administratif sebagai berikut :
1.   Memiliki International Standard Serial Number (ISSN).
2.   Memiliki mitra bestari paling sedikit 4 (empat) orang.
3.   Diterbitkan  secara teratur dengan  frekuensi paling sedikit dua kali dalam setahun, kecuali majalah ilmiah dengan cakupan keilmuan  spesialisasi dengan frekuensi satu kali dalam satu tahun.
4.   Bertiras tiap kali penerbitan  paling sedikit berjumlah 300 eksemplar, kecuali majalah ilmiah yang menerbitkan sistem  jurnal elektronik (e-journal) dan majalah ilmiah yang menerapkan sistem daring (online) dengan persyaratan sama dengan  persyaratan majalah ilmiah tercetak.
5.   Memuat artikel utama  tiap kali penerbitan berjumlah paling sedikit 5 (lima), selain dapat ditambahkan dengan artikel komunikasi pendek yang  dibatasi paling banyak 3 (tiga) buah.

Untuk pemesanan Jurnal ber-ISSN, silahkan WA ke 083117344440

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter