Cara Cepat Mengerjakan PMP 2018.04


Salam Satu Data! Sobat Operator Sekolah (Ops), telah kita ketahui bersama bahwa Aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) 2018 sudah resmi dirilis. Banyak sekali perubahan signifikan dalam Aplikasi PMP Versi 2018.04 ini. Begipula dengan penambahan jumlah responden dalam pengisian intrumen di Aplikasi PMP ini. Sebagai Operator Sekolah, tentunya ini merupakan pekerjaan yang terasa sangat berat karena kebanyakan Guru, Tenaga Pendidikan, Komite Sekolah, Siswa, bahkan pengawas hanya pasrah kepada Ops untuk pengisian intrumen. Ini merupakan boomerang bagi Ops karena resiko yang ditanggung di kemudian hari sangatlah besar.

Nah, Menyikapi hal ini, ada beberapa solusi yang bisa kita tawarkan kepada para responden tersebut agar pengisian kuisioner tepat sasaran, diisi oleh masing-masing responden. Caranya adalah dengan pengerjaan PMP secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa komputer/laptop dalam satu jaringan. Adapun Cara Cepat Mengerjakan PMP dengan teknik ini adalah sebagai berikut:

1.    Siapkan Jaringan Wifi (bisa juga menggunakan teatering hotspot via HP)
2.    1 Komputer yang sebagai server harus sudah terinstal Dapodik dan PMP
3.   Siapkan beberapa PC/Laptop sebagai client yang akan digunakan untuk mengerjakan PMP
Untuk setting PC/Laptop Server. Ikuti langkah berikut:
1.    Sambungkan PC/Laptop server ke jaringan hotspot HP atau Wifi Modem.
2.   Klik kanan pada tombol windows dan kemudian silahkan pilih Menu command prompt, sesudah berhasil terbuka ketikkan "ipconfig" (tanpa tanda petik ya)Carilah baris yang berisikan keterangan IPv4 Address. maka akan muncul alamat ip lokal yang berasal dari komputer anda tersebut (Misalnya saja: 192.168.1.10)

Untuk setting PC/Laptop Client. Ikuti langkah berikut:

1.    Sambungkan PC/Laptop client ke jaringan hotspot HP atau Wifi Modem
2.   Bukalah web browser (Saya sarankan memakai Google Chrome), kemudian ketikkan alamat ip yang berasal dari PC/Laptop yang Server dengan menambahkan port PMP yaitu 1745 (Misalnya saja: 192.168.1.10:1745
3. Tunggu hingga aplikasi PMP terbuka di PC/Laptop client, selanjutnya silahkan login denganmenggunakan akun pengguna masing-masing. Jika tidak bisa login menggunakan akun masinng-masing, maka silahkan login menggunakan akun operator sekolah kemudian carilah nama responden yang akan mengisi kuisioner, kemudian silahkan pilih tombil “tukar pengguna”

Catatan:
1. Gunakan Browser Google Chrome karena berdasarkan pengalaman penulis, menggunakan browser lain terkadang hasil pengisian kuisioner tidak bisa disimpan.
2.    Kecepatan koneksi internet harus stabil.
3.    Pastikan setiap 1 responden selesai mengerjakan, kita backup data terlebih dahulu.
Itulah cara tercepat mengerjakan PMP Versi 2018.04. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam Satu Data!

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter