Berlatih Menyusun Proposal PTK





IDENTIFIKASI MASALAH PTK

I. Identifikasi Masalah Penelitian Tindakan Kelas

1.  Kemukakanlah masalah masalah atau kendala - kendala yang Anda  hadapi  ketika  melaksanakan  kegiatan  belajarmengajar mata  pelajaran  yang  diberikan  kepada  siswa  (berkaitan  dengan penggunaan  media,  strategi,  model,  lingkungan  belajar,  sistem penilaian, implementasi kurikulum)!

…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...
…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...



2.  Pilihlah salah satu masalah yang menuntut Anda mendesak !


…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...
…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...

3.  Berikan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk segera dicarikan pemecahannya!

…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...
…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...

4.  Analisislapenyebab munculnya masalah yang Anda rumuskan tersebut

…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...
…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...






5.  Dapatkanlah   satu   alternative    pemecahan   masalah    untuk

memecahkan  masalah    urgent    yang  Anda  hadapi  tersebut! Alternatif  pemecahan  masalah  itu  haruslah  bertolak  dari  hasil analisis dan didasarkan pada TEORI tertentu

…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...
…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...

II. Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas

1.  Tulislah judul PTK yang Anda usulkan

…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...
…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...



Apakah judul PTK Anda telah mencantumkan hal hal berikut:

a.  Tujuan/tindakan

b.  Cara menyelesaikan masalah (solusi)

c.  Tempat penelitian dilaksanankan (seting)


2.  Deskripsi masalah yang Anda hadapi!

…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...
…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...

Apakah masalah yang Anda deskripsikan telah memuat hal hal sebagai  berikut?

a.  Apakah deskripsi masalah telah disesuaikan dengan kondisi nyata tentang kendalakendala yang Anda hadapi sewaktu melaksanakan KBM dengan menerapkan strategi pengajaran dan pembelajaran kontekstual?






b.  Apakah deskripsi masalah telah memuat identifikasi satu

masalah yang mendesak untuk segera dilaksanakan?

c.  Apakah deskripsi masalah telah memuat tentang hasil analisis masalah?
d.  Apakah deskripsi maslah telah memuat tentang refleksi awal?
e.  Bagaimana perumusan masalah?


3.  Deskripsikan tentang cara pemecahan masalah yang Anda ajukan!

…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...
…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...

Apakah pemecahan masalah yang Anda ajukan memenuhi rambu rambu berikut?

a.  Apakah ada alternative pemecahan masalah?

b.  Apakah alternative pemecahan masalah itu didasarkan teori tertentu?
c.  Apakah alternative pemecahan masalah itu bertolak dari hasil analisis?

4.  Rumuskan hasil yang diharapkan dari penelitian Anda (buatlah rumusan masalah caranya Judul buat kalimat tanya )!

…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...
…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...

Apakah rumusan hasil yang diharapkan dalam penelitian  Anda telah memuat halhal sebagai berikut :

a.  Apakah rumusan hasil yang diharapkan telah mengemukakan hasil yang diharapkan bagi siswa?
b.  Apakah rumusan hasil yang diharapkan telah mengemukakan hasil yang diharapkan bagi praktisi?






5.  Kemukakanlah prosedur tindakan  yang akan Anda lakukan
dalam PTK ini!

…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...
…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...

Apakah dalam deskripsi tentang prosedur tindakan telah Anda kemukakan hal hal sebagai berikut :

a.  Apakah ada deskripsi tentang setting dan karakteristik subjek?
b.  Apakah ada variable/factor yang diselidiki?

c.  Apakah ada rencana tindakan yang mencakup misalnya scenario pembelajaran, implementasi tindakan, observasi, dan evaluasi, analisis, dan refleksi?

6.  Tulislah lokasi penelitian Anda!

…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...
…………………………………………………………………………………………………...
……………………………………………………………………………………………………...

7.  Tulislah personil tim peneliti Anda!

Ketua Tim Peneliti

Nama lengkap       :……………………………………………… Jenis kelamin                             :……………………………………………… NIP                             :……………………………………………Pangkat/Gol.                             :……………………………………………






CONTOH FORMAT PENGAMATAN SISWA
Mata pelajaran                    :………………………………….
Guru yang mengajarkan        :…………………………………. Topik yang diajarkan                                      :…………………………………. Waktu     :………………………………….


No.
Ciri Prilaku Siswa dalam
Melaksanakan Kegiatan Belajar

Ada/Ya
Tidak ada

Komentar
1.
Mencari dan memberikan informasi



2.
Bertanya kepada guru atau siswa lain



3.
Mengajukan pendapat atau
komentar kepada guru atau kepada siswa



4.
Diskusi atau memecahkan masalah



5.
Mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru



6.
Memanfaatkan sumber belajar yang ada



7.
Menilai dan memperbaiki
pekerjaannya



8.
Membuat simpulan sendiri tentang pembelajaran yang diterimanya



9.
Dapat menjawab pertanyaan guru dengan tepat saat berlangsung KBM



10.
Memberikan contoh dengan benar



11.
Dapat memecahkan masalah
dengan tepat



12
Ada usaha dan motivasi untuk mempelajari bahan pelajaran atau
stimulus yang diberikan oleh guru



13.
Dapat bekerja sama dan berhubungan dengan siswa lain



14.
Menyenangkan dalam KBM



15.
Dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru pada akhir
pelajaran





Keterangan : No. 1 sampai dengan no. 8 ialah ciri proses  sedangkan
no. 9 sampai dengan no. 15 ialah ciri hasil belajar.
..............,…………..
Penyaji,
Pengamat,
1.
……………..

2.
……………..

3.
……………..
…………………….









CONTOH FORMAT PENGAMATAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Mata Pelajaran           :……………………….
Satuan Pendidikan      :……………………….
Kelas/Semester         :………………………. Wakt:………………………. Butir Pembelajaran            :……………………….


Bagian

Pengamatan
Apakah Guru
Melaksanakanya

Komentar
YA
TIDAK


Persiapan
Skenario pembelajaran/ perencanaan pembelajaran



Penyiapan alat/media pembelajaran



Penampilan penyaji



















Penyajian
PENDAHULUAN



Pemeriksaan kehadiran siswa



Pelaksanaan apersepsi



Pengungkapan tujuan    pembelajaran



Pemberian motivasi pembelajaran yang menarik  berkaitan dengan tujuan
Pembelajaran



Penjelasan alur pelaksanaan pembelajaran
(pengelompokan dsb. )



POKOK



Penerapan strategi pembelajaran



Pemanduan sajianm ateri pembelajaran
(keterpaduan bahan)



Penggunaan alat/media pembelajaran



Penerapan teknik     bertanya



Pemberian pengalaman  berbahasa kepada siswa



Pembahasan hasil kerja  melibatkan keaktifan    siswa



Pemberian bimbingan    siswa



Penggunaan bahasa penyaji



PENUTUP



Penggunaan sistem     penilaian
(tetulis/lisan)



Pemberian tindak lanjut
(perbaikan/pengayaan)



Pemahaman wawasan    siswa (Tugas ke
Perpus      takaan dsb.)



JUMLAH



Simpulan                 :………………………………………
………………………………………….
Saran saran            :…………………………………………..
…………………………………………..
Pengamat,                                                       Penyaji,
1.  ………………………….
2.  ……………………….....
3.  …………………………..                                                    …………………….
NIP.








Rambu Rambu Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas



A. Judul : singkat, spesifik, menunjukkan gambaran masalah,tindakan, hasil, dan lokasi, maksimal 15 kata
B. Bab I Pendahuluan:

1.  Latar belakang; berisi tentanhal yang terjadi di sekolah, bersifat penting, bersifat mendesak, dapat dilakukan, jelas masalahnya atau berupa kondisi ideal, kondisi nyata, gap kondisi ideal dan kondisi nyata serta pemecahan masalah
2.  Rumusan masalah; kalimat tanya yang berisi tentang : asumsi, lingkup penelitian, alternatif tindakan, indikator keberhasilan, dan cara penyelesaian masalah.
3.  Pemecahan masalah/identifikasi masalah; berisi tentang uraian alternatif tindakan berdasarkan prioritas tindakan pemecahan masalah.
4.  Tujuan; berisi tujuan umum, tujuan khusus atau cukup tujuan

berisi tentang tujuan yang dapat diukuketercapaiannya.

5.  Manfaat; berupa manfaat bagi siswa, guru, sekolah, atau komponen yang terkait. lebih baik kemukakan hal yang berupa inovasi.
C.  Bab II Kajian Teori

Berisi   tentang   teori    yang   mendasari   penelitian,   kajian   teori mengungkap  tentang  :  What  (apa)  berupa  definisi  atau  pengertian, Who  (  siapa)  berupa  siapa  penemu  atau       pendapat  siapa,  Why  ( mengapa)  mengapa  teori  itu  ada,         How  (  bagaimana)  teori  itu digunakan atau hasil penelitian terdahulu (yang telah dilakukan orang lain)
D. Bab III Metode Penelitian

1.  Seting  penelitian;  berisi  tentang  lokasi  sekolah,  kelas  berapa, jumlah  siswa,  komposisi  siswa,  situasi  lingkungan  siswa,  berapa lama penelitian dilakukan (sebutkan antarwaktu)






2.  Indikator   keberhasilan berisi   berup indikator   keberhasilan

yang  menjadi  acuan  keberhasilan  dalam  setiap  tindakan,  berupa gradasi seperti : 80-100 : sangat berhasil, 60-79 : berhasil, 40-59 : cukup  berhasil,  20-  39  :  kurang  berhasil,  0-19  :  tidak  berhasil. Kalau kemampuan kognitif yang diukur angka Kriteria Ketuntasan Minimal  bisa dijadikan sebagai acuan,
3.  Gambaran umum penelitian (siklus tindakan); berisi tindakan

tindakan tiap siklusnya, yang dalam setiap siklus berupa : kegiatan perencanaankegiatan  pelaksanaankegiatan  pengamatan  serta kegiatan refleksi, refleksi pada siklus pertama bisa dijadikan acuan untuk perencanaan tindakan pada siklus kedua dan seterusnya.
4.  Instrumen  yang  digunakan,  pedoman  observasi,  alat  perekam dll
E.  Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan

Berisi hasil pengamatan dari observer, analisis data  dan refleksi dari kegiatan  dalam  setiap  siklus.  Hasil                               refleksi  merupakan  rencana tindakan dalam tiap siklusnya. Hasil pengamatan berupa tindakan guru dan kegiatan siswa.
F.  Bab V  Kesimpulan dan Saran

Berisi kesimpulan dari penelitian dan saran tindakan perbaikan atas hasil penelitian (bisa berupa rekomendasi)


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter