Berlatih Menyusun Proposal PTK
IDENTIFIKASI
MASALAH PTK
I. Identifikasi Masalah Penelitian Tindakan Kelas
1. Kemukakanlah masalah – masalah atau kendala - kendala yang
Anda hadapi ketika melaksanakan kegiatan
belajar–mengajar mata
pelajaran yang
diberikan
kepada
siswa (berkaitan
dengan
penggunaan
media,
strategi, model,
lingkungan
belajar,
sistem
penilaian, implementasi kurikulum)!
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
2. Pilihlah salah satu masalah yang menuntut Anda mendesak !
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
3. Berikan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk segera dicarikan pemecahannya!
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
4. Analisislah penyebab munculnya masalah yang Anda rumuskan tersebut
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
5. Dapatkanlah satu alternative pemecahan masalah untuk
memecahkan
masalah urgent yang Anda hadapi tersebut!
Alternatif pemecahan
masalah
itu
haruslah bertolak dari hasil
analisis dan didasarkan pada TEORI tertentu
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
II. Penulisan Proposal Penelitian
Tindakan
Kelas
1. Tulislah judul PTK yang Anda usulkan
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
Apakah judul PTK
Anda telah mencantumkan hal –hal berikut:
a. Tujuan/tindakan
b. Cara menyelesaikan masalah (solusi)
c. Tempat penelitian dilaksanankan (seting)
2. Deskripsi masalah yang Anda hadapi!
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
Apakah
masalah yang Anda deskripsikan telah memuat hal –hal
sebagai
berikut?
a. Apakah deskripsi masalah telah disesuaikan dengan kondisi
nyata tentang kendala–kendala yang Anda hadapi
sewaktu melaksanakan
KBM dengan menerapkan strategi pengajaran dan pembelajaran kontekstual?
b. Apakah
deskripsi masalah telah memuat identifikasi satu
masalah yang mendesak untuk segera dilaksanakan?
c. Apakah
deskripsi masalah telah memuat tentang hasil
analisis masalah?
d. Apakah deskripsi maslah telah memuat tentang refleksi awal?
e. Bagaimana perumusan masalah?
3. Deskripsikan tentang cara pemecahan masalah yang Anda
ajukan!
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
Apakah
pemecahan masalah yang Anda ajukan memenuhi
rambu –rambu berikut?
a. Apakah
ada alternative
pemecahan
masalah?
b. Apakah alternative
pemecahan masalah itu didasarkan teori tertentu?
c. Apakah alternative pemecahan
masalah itu bertolak dari
hasil analisis?
4. Rumuskan
hasil yang diharapkan
dari penelitian Anda (buatlah
rumusan masalah caranya Judul buat kalimat tanya
)!
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
Apakah
rumusan hasil yang diharapkan dalam penelitian Anda
telah memuat hal –hal sebagai berikut :
a. Apakah rumusan hasil yang diharapkan telah mengemukakan
hasil yang diharapkan bagi siswa?
b. Apakah rumusan hasil yang diharapkan telah mengemukakan
hasil yang diharapkan bagi praktisi?
5. Kemukakanlah prosedur tindakan
yang akan Anda lakukan
dalam PTK ini!
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
Apakah
dalam deskripsi tentang prosedur tindakan
telah Anda
kemukakan
hal –hal
sebagai berikut :
a. Apakah ada deskripsi tentang setting dan karakteristik subjek?
b. Apakah
ada variable/factor yang diselidiki?
c. Apakah
ada rencana tindakan yang mencakup misalnya scenario pembelajaran, implementasi tindakan, observasi,
dan
evaluasi, analisis,
dan
refleksi?
6. Tulislah lokasi penelitian Anda!
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
…………………………………………………………………………………………………...……
……………………………………………………………………………………………………...…
7. Tulislah personil tim peneliti Anda!
Ketua Tim Peneliti
Nama lengkap :………………………………………………
Jenis
kelamin :………………………………………………
NIP :………………………………………………
Pangkat/Gol. :………………………………………………
CONTOH FORMAT
PENGAMATAN SISWA
Mata pelajaran :………………………………………….
Guru yang mengajarkan :…………………………………………. Topik yang diajarkan :…………………………………………. Waktu :………………………………………….
No.
|
Ciri Prilaku Siswa dalam
Melaksanakan Kegiatan
Belajar
|
Ada/Ya
|
Tidak ada
|
Komentar
|
1.
|
Mencari dan memberikan informasi
|
|||
2.
|
Bertanya kepada guru atau siswa lain
|
|||
3.
|
Mengajukan pendapat
atau
komentar kepada guru atau
kepada
siswa
|
|||
4.
|
Diskusi atau memecahkan masalah
|
|||
5.
|
Mengerjakan tugas yang
diberikan oleh
guru
|
|||
6.
|
Memanfaatkan sumber belajar yang ada
|
|||
7.
|
Menilai dan memperbaiki
pekerjaannya
|
|||
8.
|
Membuat simpulan sendiri tentang pembelajaran yang diterimanya
|
|||
9.
|
Dapat menjawab pertanyaan
guru dengan
tepat saat berlangsung
KBM
|
|||
10.
|
Memberikan contoh dengan benar
|
|||
11.
|
Dapat memecahkan
masalah
dengan tepat
|
|||
12
|
Ada usaha dan motivasi untuk mempelajari bahan
pelajaran
atau
stimulus yang diberikan oleh guru
|
|||
13.
|
Dapat bekerja sama
dan berhubungan
dengan siswa lain
|
|||
14.
|
Menyenangkan dalam KBM
|
|||
15.
|
Dapat menjawab pertanyaan
yang
diberikan oleh guru pada akhir
pelajaran
|
Keterangan
: No. 1 sampai dengan no. 8 ialah ciri proses
sedangkan
no. 9 sampai dengan no. 15 ialah ciri hasil belajar.
..............,………………..
Penyaji,
Pengamat,
1.
|
………………..
|
|
2.
|
………………..
|
|
3.
|
………………..
|
……………………….
|
CONTOH FORMAT
PENGAMATAN KEGIATAN
BELAJAR MENGAJAR
Mata Pelajaran :……………………………….
Satuan Pendidikan :……………………………….
Kelas/Semester :………………………………. Waktu :………………………………. Butir
Pembelajaran :……………………………….
Bagian
|
Pengamatan
|
Apakah Guru
Melaksanakanya
|
Komentar
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
Persiapan
|
Skenario pembelajaran/ perencanaan pembelajaran
|
|||
Penyiapan alat/media pembelajaran
|
||||
Penampilan penyaji
|
||||
Penyajian
|
PENDAHULUAN
|
|||
Pemeriksaan
kehadiran siswa
|
||||
Pelaksanaan apersepsi
|
||||
Pengungkapan tujuan pembelajaran
|
||||
Pemberian motivasi
pembelajaran yang menarik
berkaitan dengan tujuan
Pembelajaran
|
||||
Penjelasan
alur pelaksanaan pembelajaran
(pengelompokan dsb. )
|
||||
POKOK
|
||||
Penerapan strategi
pembelajaran
|
||||
Pemanduan sajianm ateri pembelajaran
(keterpaduan bahan)
|
||||
Penggunaan alat/media pembelajaran
|
||||
Penerapan teknik bertanya
|
||||
Pemberian pengalaman
berbahasa
kepada siswa
|
||||
Pembahasan
hasil kerja melibatkan
keaktifan siswa
|
||||
Pemberian bimbingan siswa
|
||||
Penggunaan bahasa penyaji
|
||||
PENUTUP
|
||||
Penggunaan sistem penilaian
(tetulis/lisan)
|
||||
Pemberian tindak lanjut
(perbaikan/pengayaan)
|
||||
Pemahaman wawasan siswa (Tugas ke
Perpus takaan dsb.)
|
||||
JUMLAH
|
Simpulan :…………………………………………………
………………………………………………….
Saran –saran :…………………………………………………..
…………………………………………………..
Pengamat, Penyaji,
1. ……………………………….
2. …………………………….....
3. ……………………………….. ……………………….
NIP.
Rambu Rambu
Penyusunan Laporan
Penelitian
Tindakan
Kelas
A. Judul : singkat, spesifik, menunjukkan gambaran masalah,tindakan, hasil, dan lokasi, maksimal 15 kata
B. Bab I Pendahuluan:
1. Latar
belakang; berisi tentang
hal yang terjadi di sekolah, bersifat penting, bersifat mendesak, dapat dilakukan,
jelas masalahnya atau berupa kondisi ideal, kondisi nyata,
gap
kondisi ideal dan kondisi nyata serta pemecahan
masalah
2. Rumusan masalah; kalimat tanya yang berisi tentang : asumsi,
lingkup penelitian, alternatif tindakan, indikator keberhasilan, dan cara penyelesaian masalah.
3. Pemecahan
masalah/identifikasi masalah; berisi tentang uraian alternatif tindakan berdasarkan prioritas
tindakan pemecahan masalah.
4. Tujuan; berisi tujuan umum, tujuan
khusus atau cukup tujuan
berisi tentang tujuan yang
dapat diukur ketercapaiannya.
5. Manfaat; berupa
manfaat bagi siswa, guru, sekolah, atau
komponen
yang terkait.
lebih baik kemukakan hal yang berupa inovasi.
C. Bab II Kajian Teori
Berisi tentang teori yang mendasari penelitian, kajian teori
mengungkap
tentang
:
What (apa) berupa
definisi
atau pengertian, Who
(
siapa)
berupa
siapa
penemu atau pendapat siapa,
Why ( mengapa) mengapa teori itu
ada, How
(
bagaimana)
teori
itu
digunakan atau hasil penelitian terdahulu (yang telah dilakukan orang
lain)
D. Bab III Metode Penelitian
1. Seting penelitian; berisi
tentang
lokasi sekolah, kelas
berapa,
jumlah
siswa, komposisi siswa,
situasi
lingkungan siswa, berapa lama penelitian dilakukan (sebutkan antara
waktu)
2. Indikator keberhasilan; berisi
berupa
indikator
keberhasilan
yang menjadi acuan keberhasilan
dalam
setiap
tindakan,
berupa gradasi seperti : 80-100 : sangat berhasil, 60-79 : berhasil, 40-59 : cukup
berhasil, 20- 39
:
kurang berhasil,
0-19
:
tidak
berhasil.
Kalau kemampuan kognitif yang diukur angka Kriteria Ketuntasan Minimal bisa dijadikan sebagai acuan,
3. Gambaran umum penelitian (siklus tindakan); berisi tindakan
tindakan tiap siklusnya, yang dalam setiap siklus berupa : kegiatan
perencanaan, kegiatan pelaksanaan, kegiatan pengamatan serta kegiatan refleksi, refleksi pada siklus pertama bisa dijadikan acuan untuk perencanaan tindakan pada siklus
kedua dan seterusnya.
4. Instrumen
yang
digunakan,
pedoman observasi, alat
perekam
dll
E. Bab IV Hasil Penelitian
dan Pembahasan
Berisi hasil pengamatan dari observer, analisis data dan refleksi dari
kegiatan
dalam
setiap siklus. Hasil refleksi merupakan rencana
tindakan dalam
tiap siklusnya. Hasil pengamatan berupa tindakan guru dan kegiatan siswa.
F. Bab V Kesimpulan
dan Saran
Berisi kesimpulan dari penelitian dan saran tindakan perbaikan atas hasil penelitian (bisa berupa rekomendasi)
Post a Comment for "Berlatih Menyusun Proposal PTK"