PEMBELAJARAN IPA DI SD
PembelajaranIPA di SD
Pembelajaran IPA di SD hampir sama mata pelajaran lain, hanya lebih melibatkan lingkungan sebagai
sumber belajar. Proses pembelajaran disesuaikan
perkembangan kognitif siswa sekolah dasar.
Pembelajaran merupakan persiapan di masa depan
dalam hal ini masa
depan kehidupan anak yang ditentukan orangtua. Oleh karenanya, sekolah mempersiapkan mereka untuk hidup
dalam masyarakat yang akan datang.
Menurut Oemar Hamalik (2008:25),
pembelajaran merupakan suatu proses
penyampaian pengetahuan, yang dilaksanakan dengan menuangkan pengetahuan kepada siswa. Sependapat Sugandi
(2006:77), pendekatan keterampilan
proses menekankan bagaimana siswa belajar mengelola
perolehannya untuk dipahami dan dipakai sebagai bekal memenuhi kebutuhan kehidupan di masyarakat. Adapun tujuan
pembelajaran IPA dalam KTSP dapat dicapai jika: (1) mencakup
empat komponen, (2) menerapkan keterampilan proses, dan (3) menerapkan model kooperatif TGT. Model pembelajaran
pembelajaran kooperatif tipe TGT
mengandung unsur permainan, kerjasama, dan persaingan positif, sehingga guru lebih variatif, siswa antusias, tidak
bosan, membantu menguasai materi dan
mencapai tujuan pembelajaran.
Post a Comment for "PEMBELAJARAN IPA DI SD"