Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SOAL PTS GENAP BAHASA ARAB KELAS 1-6 SD/MI 2020/2021

Evaluasi pembelajaran di lembaga Pendidikan dapat dilaksanakan setelah satuan Pendidikan menyelesaikan satu kompetensi dasar atau lebih. Evaluasi pembelajaran dalam kurikulum 2013 bisa berupa Ulangan Harian (UH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS) maupun Ujian Kenaikan Kelas (UKK).

Penilaian Tengah Semester (PTS) merupakan kegiatan penilaian yang dilakukan oleh guru dalam satuan Pendidikan untuk mengukur pencapaian siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama 3 bulan atau kurang lebih 12 minggu baik itu pada semester ganjil maupun semester genap.

Adapun tujuan dari dilaksanakannya PTS oleh satuan Pendidikan adalah:

  1. Untuk mengukur kemajuan siswa setelah mengikuti pembelajaran selama setengah semester
  2. Mengukur pencapaian kompetensi siswa
  3. Menentukan nilai hasil belajar siswa setelah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai Kompetensi Dasar
  4. Melakukan perbaikan pembelajaran pada setengah semester berikutnya.

Di tahun pelajaran 2020/2021 ini beberapa Dinas Pendidikan di Indonesia membuat kebijakan yang berbeda dari pada tahun-tahun sebelumnya. Salah satu kebijakannya yaitu proses pelaksanaan kegiatan PTS diserahkan kepada masing-masing satuan Pendidikan. Termasuk di dalamnya adalah pembuatan dan pengadaan soal. Hal ini tentunya harus disikapi dengan bijaksana oleh setiap satuan Pendidikan terutama guru kelas maupun guru yang mengampu mata pelajaran lain.

Tim gurumuda.id telah merangkum seluruh soal Penilaian Semester Genap (PTS) SD dari kelas 1 sampai kelas 6. Selain soal PTS beserta kunci jawabannya, tersedia juga di dalamnya pemetaan Kompeten Dasar, Kisi-Kisi Butir Soal, serta analisis butir soal, sehingga memudahkan bagi bapak/ibu guru yang membutuhkan referensi sebagai panduan pelaksanaan PTS Genap di lembaganya masing-masing.

Format yang tersedia untuk diunduh berupa Microsoft Word, sehingga Bapak/Ibu guru tidak perlu lagi mengetik ulang demi efisiensi waktu.

Berikut soal-soal PTS Semester Genap Bahasa Arab Kelas 1-6 SD/MI yang bisa diunduh:

1.     Soal PTS Genap Bahasa Arab Kelas 1

2.     Soal PTS Genap Bahasa Arab Kelas 2

3.     Soal PTS Genap Bahasa Arab Kelas 3

4.     Soal PTS Genap Bahasa Arab Kelas 4

5.     Soal PTS Genap Bahasa Arab Kelas 5

6.     Soal PTS Genap Bahasa Arab Kelas 6

Soal-soal tersebut bisa diakses oleh siapapun termasuk oleh siswa maupun orang tua siswa sehingga kami menyarankan kepada bapak/ibu guru untuk mengedit ulang dengan memasukkan butir soal baru maupun mengganti beberapa soal dengan soal-soal baru.

Akhir kata, tulisan ini hanya sebagai referensi saja tidak bermaksud menjadikan pribadi kita sebagai bagian dari mereka yang malas. Tetap semangat mencerdaskan kehidupan bangsa!

Post a Comment for "SOAL PTS GENAP BAHASA ARAB KELAS 1-6 SD/MI 2020/2021 "