Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 6 Subtema 1

Download RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 6 Subtema 1

 RPP 1 LEMBAR

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Kompetensi Dasar serta indikator pada hari tersebut. Selama ini proses penyusunan RPP memakan waktu, pikiran, dan tenaga yang sangat banyak karena terlalu banyaknya komponen penyusunan RPP dalam kurikulum 2013 sehingga dalam 1 kali pembelajaran, seorang guru harus membuat 1 buah RPP yang rata-rata berjumlah 15 lembar. Hal ini tentunya memberatkan tugas guru yang justru mengakibatkan terbengkalainya kegiatan belajar mengajar di kelas karena guru lebih sibuk membuat perangkat administrasi dibanding tugas utamanya sebagai "Pendidik" di kelas.
Atas dasar fenomena inilah mendikbud RI, Nadiem Makarim, atau yang akrab disapa mas menteri ini membuat sebuah kebijakan menyederhanakan RPP dari yang mulanya 15 lembar menjadi 1 lembar saja. Hal ini termuat dalam Surat Edaran Kemendikbud No. 14 Tahun 2019.
Komponen utama dalam RPP 1 Lembar ini hanya memuat tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran. Untuk lebih lengkapnya bisa di lihat dalam Format RPP 1 Lembar di bawah ini:


Dan berikut meupakan contoh RPP 1 lembar untuk jenjang Sekolah Dasar (SD):

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(Sesuai SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan          : SD www.gurumuda.id
Kelas / Semester                   :  III /Genap
Tema 7                                    :  Perkembangan Teknologi
Sub Tema  3                           :  Perkembangan Teknologi Komunikasi
Muatan Terpadu                    :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke                   :  1
Alokasi waktu                        :  1 hari

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Dengan membaca teks bacaan tentang sejarah komunikasi, siswa dapat mengidentifikasi kalimat utama tiap paragraf dari suatu bacaan dengan tepat.
2.   Dengan menemukan kalimat utama dari tiap paragraf, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari suatu bacaan dengan tepat
3.   Dengan mengamati teks bacaan tentang sejarah komunikasi, siswa dapat menemukan kosakata baru tentang perkembangan teknologi komunikasi dengan benar.
4.   Dengan mencari arti kata terkait perkembangan teknologi menggunakan kamus, siswa dapat menggunakan kosakata tersebut dalam sebuah kalimat dengan tepat.
5.   Dengan mengamati poster gambar dekoratif, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan tepat. Melalui diskusi dalam kelas, siswa dapat menunjukkan kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan tepat.
6.   Dengan mengamati contoh karya gambar dekoratif yang ditunjukkan oleh guru,siswa dapat menentukan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk dibuat menjadi karya dekoratif dengan rapi dan percaya diri.
7.   Dengan menentukan kombinasi garis, bidang, dan warna dari berbagai contoh yang diberikan, siswa dapat membuat desain kartu pos bermotif karya dekoratif dengan rapi dan percaya diri.
8.   Dengan mengamati bagian-bagian dari bangun datar, siswa dapat menjelaskan pengertian keliling bangun secara runtut dan tepat.
9.   Dengan memberi warna pada setiap sisi bangun datar, siswa dapat menunjukkan keliling bangun datar dengan tepat.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.   Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti
(Sintak Model Discovery Learning)
Ayo Membaca
·        Siswa membaca teks bacaan pada buku siswa mengenai sejarah komunikasi. (LITERASI)
·        Siswa membaca paragraf pertama dengan nyaring dan siswa lain membaca dalam hati.
·        Siswa mencari arti dari setiap kata yang diberi garis bawah pada teks bacaan dengan menggunakan kamus
Ayo Menulis
·        Siswa membuat kalimat dari kata yang telah mereka pahami artinya dan menuliskannya.
Ayo Mengamati
·      Siswa mengamati motif yang terdapat pada kartu pos/kartu ucapan dan meminta pendapat mereka mengenai gambar yang dilihat.
·      Diskusikan jawaban siswa dan simpulkan bersama-sama.
(Sintak Model Project Based Learning)
Ayo Berkreasi
·        Siswa membuat desain sederhana berupa gambar karya dekoratif. (Creativity and Innovation)
·        Siapkan model kartu pos/kartu ucapan dan minta siswa untuk menghias menggunakan kombinasi garis, bidang, dan warna menjadi karya dekoratif disekeliling kartu.
Ayo Mengamati
·      Siswa Menunjukkan hasil karyanya di depan kelas dan karya dekoratif yang mengelilingi kartu.
·      Siswa  menempelkan pita/tali/benang berwarna pada setiap sisi bangun datar yang terdapat pada gambar dekorasi dalam kartu.
Ayo Berlatih
·      Siswa  mencari berbagai bangun datar yang ada di kelas dan menunjukkan kelilingnya.
·      Siswa menyelesaikan latihan yang terdapat pada buku siswa.
    140
    menit
Kegiatan
Penutup
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :        
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit

C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP yang kami buat sudah tersusun rapi ke dalam format Microsoft Office, sehingga memudahkan sobat gurumuda.id semua jika ingin mengubah isi dalam RPP 1 lembar tersebut.
Semoga tulisankami tentang RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 6 Subtema 1 ini bermanfaat!

Post a Comment for "Download RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 6 Subtema 1"