Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Format Penulisan Jurnal Yang Benar

Format Penulisan Jurnal Yang Benar
*Selingkung (style guide) Jurnal  BRAIN TRUST 

Jurnal BRAIN TRUST

  1. Tulisan yang dimuat adalah karyai ilmiah dan karya inovatif berupa artikel hasil penelitian dan hasil telaah di bidang pendidikan, konsep – konsep pemikiran edukatif lainnya yang bersifat humanoria dan kemanusiaan sebagaimana ciri jurnal BRAIN TRUST
  2. Naskah diketik dengan program MS Word, huruf Time New Roman ukuran 12 denganspasi 1,5padakertas A4. Panjang tulisan 8 sampai 10 halaman. Ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
  3. Sistematika artikel meliputi :judul, nama penulis (tanpa gelar), nama lembaga, alamat email, abstrak yang disertai kata kunci, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, simpulan dan saran, dan daftar pustaka.
  4. Judul dicetak dengan huruf kapital dengan ukuran 14 point. Judul artikel terdiri dari 14 sampai 20 kata.
  5. Panjang abstrak 50-75 kata dan ditulis dalam satu paragraf.  Abstrak diketik dengan spasi tunggal dengan menggunakan format yang lebih sempit dari teks utama (margin kanan dan kiri menjorok masuk 1,2 cm). Abstrak berisi judul, tujuan, metode, dan hasil penelitian. Sedangkan kata kunci 3 – 5 kata sesuai dengan variable penelitian.
  6. Bagian “Pendahuluan” berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, manfaat dan tujuan penelitian. Seluruh bagian “pendahuluan” dipaparkan terintegrasi ke dalam paragraf – paragraph denganpanjang sekitar 15 – 20% dari total Panjang artikel.
  7. Bagian “Metode” berisi paparan dalam bentuk paragraf yang berisi tentang rancangan penelitian, sumber data, Teknik pengumpulan data, dan analisis data dengan Panjang sekitar 10 – 15% dari total panjang artikel.
  8. Bagian “Hasil Penelitian dan Pembahasan” berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian yang selanjutnya dibahas secara komprehensif yang berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan atau hasil penelitian sejenis. Panjang paparan hasil dan pembahasan sekitar 40 – 60% dari total panjang artikel.
  9. Bagian “Simpulan dan Saran” berisi temuan penelitian yang merupakan jawaban dari pertanyaan atau berupa intisari dari hasil pembahasan yang disajikan dalam bentuk paragraf, sedangkan saran mengacu pada tindakan praktis atau pengembangan teoritis untuk penelitian lanjutan.
  10. Daftar Pustaka disusun sebagaimana pedoman penyusunan pustaka pada umumnya.
Format penulisan jurnal dalam postingan ini merupakan format penulisan jurnal yang kami pakai dalam jurnal "Brain Trust" sebagaimana lazimnya yang dipakai dalam penulisan jurnal-jurnal yang lain. Semoga membantu!



Post a Comment for "Format Penulisan Jurnal Yang Benar"