Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 7 Subtema 3


 RPP 1 Lembar


Assalamu’alaikum Wr. Wb. sobat gurumuda.id!
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Selama ini proses penyusunan RPP memakan waktu, pikiran, dan tenaga yang sangat banyak karena terlalu banyaknya komponen penyusunan RPP dalam kurikulum 2013 sehingga dalam 1 kali pembelajaran, seorang guru harus membuat 1 buah RPP yang rata-rata berjumlah 15 lembar. Hal ini tentunya memberatkan tugas guru yang justru mengakibatkan terbengkalainya kegiatan belajar mengajar di kelas karena guru lebih sibuk membuat perangkat administrasi dibanding tugas utamanya sebagai "Pengajar" di kelas.
Atas dasar fenomena inilah mendikbud RI, Nadiem Makarim, atau yang akrab disapa mas menteri ini membuat sebuah kebijakan menyederhanakan RPP dari yang mulanya 15 lembar menjadi 1 lembar saja. Hal ini termuat dalam Surat Edaran Kemendikbud No. 14 Tahun 2019.
Komponen utama dalam RPP 1 Lembar ini hanya memuat tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran. Untuk lebih lengkapnya bisa di lihat dalam Format RPP 1 Lembar di bawah ini:


Dan berikut meupakan contoh RPP 1 lembar untuk jenjang Sekolah Dasar (SD):

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(Sesuai SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)


Satuan Pendidikan              : SDN Tritunggal II
Kelas / Semester                  :  1 /2
Tema                                   :  Benda, Hewan, dan Tanaman diSekitarku (Tema 7)
Sub Tema                            :  Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu                 :  B Ind, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke                  :  1
Alokasi waktu                     :  1 hari

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah menyanyikan lagu, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi dengan benar.
  2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dengan benar.
  3. Setelah membaca teks lagu, siswa dapat menunjukan kosa kata tentang berbagai jenis benda  di lingkungan sekitar secara lisan dengan tepat.
  4. Setelah membaca teks, siswa dapat menujukkan kosa kata yang berkaitan dengan benda hidup dan tak hidup dengan benar.
  5. Melalui kegiatan identifikasi gambar benda, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dengan tepat.
  6. Setelah berdiskusi, siswa dapat menggunakan  kosa  kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dalam kalimat dengan tepat.
  7. Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menyebutkan  simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
  8. Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
  9. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila.

B.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Orientasi/Apersepsi/ Motivasi
v Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
v Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
v Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya
10
menit
Kegiatan
Inti
Ayo Bernyanyi
1.              Siswa mengidentifikasi perbedaan panjang bunyi dari lagu yang diperdengarkan..(HOTS)
2.       Siswa berlatih menyanyikan lagu “Topi Saya Bundar.”(Creativity and Innovation)
3.       Siswa memperhatikan tanda yang ada pada lirik lagu.
4.       Siswa berdiskusi tentang benda lain yang memiliki kesamaan dengan topi, baik kesamaan fungsi ataupun kesamaan ciri.(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Berlatih
1.      Setelah mengenal perbedaan benda hidup dan tak hidup, siswa mengamati berbagai benda yang ada di sekitar. Kemudian siswa mengelompokkan ke dalam benda hidup dan tak hidup.(HOTS)
2.      Siswa mengamati berbagai gambar benda, lalu menggunting dan menempel pada tempat yang tersedia.(Ctreativity and Innovation)
3.       Siswa mengidentifikasi keberadaan benda di kelas sesuai daftar yang diberikan.(HOTS)
4.       Siswa melengkapi kalimat sesuai dengan materi yang sedang dipelajari.(Creativity and Innovation)
Misalnya:
Ayo Mengamati
1.       Siswa Mengikuti lomba menunjukkan atau menyusun gambar lambang negara Pancasila.(Creativity and Innovation)
Ayo Berlatih
1.      Siswa mengamati contoh mendeklamasikan sila ke-4.
2.      Siswa mendeklamasikan bunyi sila ke-4 secara bergantian.
150
menit

Kegiatan
Penutup
v  Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua. (Mandiri)
v  Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
v  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
15
menit

A.      PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Bagi sobat gurumuda.id yang ingin download contoh RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 7 Subtema 3, Silahkan klik tautan di bawah ini:


Harapan kami semoga artikel ini bermanfaat. Tetap semangat!

Post a Comment for "Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 7 Subtema 3"