Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 5 Subtema 4



Selamat siang sobat gurumuda.id, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Selama ini proses penyusunan RPP memakan waktu, pikiran, dan tenaga yang sangat banyak karena terlalu banyaknya komponen penyusunan RPP dalam kurikulum 2013 sehingga dalam 1 kali pembelajaran, seorang guru harus membuat 1 buah RPP yang rata-rata berjumlah 15 lembar. Hal ini tentunya memberatkan tugas guru yang justru mengakibatkan terbengkalainya kegiatan belajar mengajar di kelas karena guru lebih sibuk membuat perangkat administrasi dibanding tugas utamanya sebagai "Pengajar" di kelas.
Atas dasar fenomena inilah mendikbud RI, Nadiem Makarim, atau yang akrab disapa mas menteri ini membuat sebuah kebijakan menyederhanakan RPP dari yang mulanya 15 lembar menjadi 1 lembar saja. Hal ini termuat dalam Surat Edaran Kemendikbud No. 14 Tahun 2019.
Komponen utama dalam RPP 1 Lembar ini hanya memuat tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran. Untuk lebih lengkapnya bisa di lihat dalam Format RPP 1 Lembar di bawah ini:


Dan berikut meupakan contoh RPP 1 lembar untuk jenjang Sekolah Dasar (SD):

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(Sesuai SE Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)


Satuan Pendidikan               : SD Negeri Tritunggal II

Kelas / Semester                   :  1 /2
Tema                                    :  Pengalamanku (Tema 5)
Sub Tema                            :  Pengalaman Masa Kecil (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu                  :  B Ind, PPKn, SBDP
Pembelajaran ke                  :  1
Alokasi waktu                     :  1 hari

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat  dengan tepat dan percaya diri.
2.         Dengan mendengarkan lagu bertempo lambat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dengan tepat dan percaya diri.
3.         Dengan melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo cepat dengan benar dan percaya diri.
4.         Dengan melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo lambat dengan benar dan percaya diri.
5.         Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
6.         Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
7.         Dengan menyalin contoh kalimat pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
8.         Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
9.         Dengan mengamati poster berisi teks Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi isi sila-sila Pancasila dengan benar.
10.      Dengan menirukan teks Pancasila yang diucapkan oleh guru, siswa mengetahui rumusan sila-sila Pancasila dengan tepat.
11.      Dengan bermain menyusun kalimat yang terdapat pada sila kedua Pancasila, siswa dapat menyebutkan rumusan sila kedua Pancasila dengan tepat.
12.      Dengan mengamati intonasi dan cara membaca Pancasila dari berbagai sumber, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kedua Pancasila dengan benar.

B.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
10
menit
Kegiatan
Inti
Ayo Bernyanyi
v  Siswa menyanyikan lagu “Bunda Piara” sambil bermain gitar.
v  Siswa menyanyikan lagu berikutnya, ”Burung Kakaktua”, bersama-sama untuk membangun semangat dan motivasi mereka dalam mengikuti kegiatan belajar.(Creativity and Inovation)
Ayo Mengamati
v  Guru membacakan cerita yang berkaitan dengan pujian (cerita dapat dibuat berdasarkan kreativitas guru).
v  Selesai bercerita, lakukan tanya jawab dengan siswa mengenai isi dari cerita yang telah dibacakan. (Critical Thinking and Problem Solving)
Ayo Berlatih
v  Siswa diminta menyalin contoh kalimat atau ungkapan pujian yang terdapat dalam buku siswa.
v  Setelah tersusun sesuai bunyi sila kedua, siswa diminta membaca bunyinya dengan lantang.(Literasi)
150
menit

Kegiatan
Penutup
v  Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                          
v  Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
15
menit

C.      PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


Untuk download contoh RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 5 Subtema 4, Silahkan klik tautan di bawah ini:


Semoga artikel ini bermanfaat!

Post a Comment for "Download RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 5 Subtema 4"