PEMETAAN KEBUTUHAN GURU PNS MELALUI APLIKASI PPK DIKDAS


 PPK DIKDAS

Sobat gurumuda.id, Negara kita tercinta Indonesia saat ini memang kekurangan guru dari seluruh lembaga terutama di lembaga negeri. Tercatat jumlah guru sekolah negeri saat ini sebanyak 2.114.765 orang, terdiri atas guru ASN 1.378.940 orang, dan guru non ASN berjumlah 735.825 orang. 
Untuk memenuhi kebutuhan guru saat ini, kementrian pendidikan butuh sebanyak 988.133 guru ASN. Namun, dengan asumsi ada guru yang bisa mengajar lebih dari satu mata pelajaran dan dapat mengajar di tingkat kelas yang berbeda maka bisa diupayakan cukup dengan 707.324 guru PNS saja. 
Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar melalui subdirektorat Perencanaan dan Pengendalian Kebutuhan merancang Aplikasi Perencanaan dan Pengendalian Kebutuhan Guru Pendidikan Dasar (PPK Guru Dikdas) yang sudah dilakukan uji coba dan siap digunakan, sehingga akan disosialisasikan kepada pengguna di kabupaten/kota.
Penyelenggaraan kegiatan Penguatan Kapasitas Operator Data Perencanaan dan Penataan Kebutuhan Guru Dikdas di Kota Surabaya pada tanggal 27 s.d. 29 Agustus 2019 untuk mengimplementasikan pasal tersebut. Kegiatan ini pun menghadirkan sejumlah  narasumber yang memang sudah ahli untuk melakukan pendataan hingga mengunakan aplikasi untuk memudahkan mereka nanti ketika telah kembali ke kabupaten/kotanya masing-masing.
Dengan diadakannya kegiatan ini, tentu subdirektorat Perencanaan dan Pengendalian Kebutuhan mempunyai indikator keberhasilan yang akan dijadikan acuan untuk ke depannya.
Nah, beberapa Indikator Keberhasilan Penguatan Kapasitas Operator Data Perencanaan dan Penataan Kebutuhan Guru Dikdas sebagai berikut:
  1. Meningkatnya pemahaman tentang ketentuan peraturan perundang-undangan tentang perencanaan kebutuhan guru pendidikan dasar.
  2. Memiliki persepsi yang sama tentang penggunaan Aplikasi PPK Dikdas.
  3. Terbangun komitmen pemerintah daerah dalam penggunaan Aplikasi PPK Guru Dikdas dalam memetakan kebutuhan guru pendidikan dasar.
  4. Terhimpunnya data peta kebutuhan guru pendidikan dasar dengan menggunakan aplikasi Perencanaan dan Pengendalian Kebutuhan Guru Dikdas.

Semoga dengan adanya aplikasi ini, kebutuhan guru di jenjang Pendidikan Dasar bisa segera teratasi dan tentunya tepat sasaran. Adapun manual aplikasi PPK Dikdas bisa diunduh di link di bawah ini
Semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat menjalankan pendataan.


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter