Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PROTA KELAS 2 SD KURIKULUM 2013

 PROTA

Selamat menikmati akhir pecan sobat gurumuda.id! Di penghujung akhir liburan akhir tahun ini kami ingin membagikan Program Tahunan atau Prota untuk jenjang SD kelas 2 Kurikulum 2013 sebagai kelengkapan dari perangkat pembelajaran yang lain yang sudah kami upload di dalam blog ini.
Prota merupakan rencana penetapan alokasi waktu satu tahun pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Inti, kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum. Berdasarkan Kurikulum 2013, Prota merupakan program umum pembelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. Prota sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. Prota perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Nah, berikut merupakan langkah-langkah perancangan Prota:
1.        Menelaah kalender pendidikan dan ciri khas satuan pendidikan berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
2.        Menelaah jumlah Kompetensi Dasar (KD) suatu mata pelajaran.
3.        Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif.
Hari-hari libur meliputi:
a.     Jeda tengah semester
b.    Jeda antar semester
c.     Libur akhir tahun pelajaran
d.    Hari libur keagamaan
e.     Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional
f.     Hari libur khusus (kegiatan khusus satuan pendidikan)
4.        Menghitung jumlah Minggu Belajar Efektif (MBE) dalam satu tahun.
Minggu Belajar Efektif adalah hitungan hari-hari efektif yang ada pada tahun pelajaran berlangsung. Adapun Cara menentukan MBE adalah sebagai berikut ini:
a.     Menentukan jumlah minggu selama satu tahun.
b.    Menghitung jumlah minggu tidak efektif selama satu tahun.
c.     Menghitung jumlah minggu efektif dengan cara jumlah minggu dalam satu tahun dikurang jumlah minggu tidak efektif .
d.    Menghitung jumlah jam efektif selama satu tahun dengan cara jumlah minggu efektif dikali jumlah jam pelajaran per minggu.
5.        Mendistribusikan alokasi waktu Minggu Belajar Efektif (MBE) ke dalam KD, Materi Pokok, dan Sub Materi Pokok. Penentuan alokasi waktu harus mempertimbangkan: jumlah jam pelajaran, struktur kurikulum, dan tingkat kedalaman materi yang harus dikuasai peserta didik
Berikut Dokumen yang diperlukan dalam perancangan Prota dan Promes:
  1. Kalender akademik yang dikeluarkan secara resmi oleh Dinas Pendidikan
  2. Struktur Kurikulum
  3. Kompetensi Dasar
  4. Silabus
Itulah langkah-langkah dalam penyusunan Prota di dalam kelengkapan perangkat pembelajaran yang wajib bapak/ibu guru miliki. Nah, bagi yang menghendaki file Prota untuk kelas 2 Kurikulum 2013, silahkan bapak ibu download link berikut:
Semoga artikel ini bermanfaat!


Post a Comment for "PROTA KELAS 2 SD KURIKULUM 2013"