RPP Kelas 3 SD/MI Kurukulum 2013 Tema Cuaca


Kurikulum 2013 (K-13) adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum-2006 (yang sering disebut sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaanya pada tahun 2013 dengan menjadikan beberapa sekolah menjadi sekolah rintisan.
Pada tahun ajaran 2013/2014, tepatnya sekitar pertengahan tahun 2013, Kurikulum 2013 diimpelementasikan secara terbatas pada sekolah perintis, yakni pada kelas I dan IV untuk tingkat Sekolah Dasar, kelas VII untuk SMP, dan kelas X untuk jenjang SMA/SMK, sedangkan pada tahun 2014, Kurikulum 2013 sudah diterapkan di Kelas I, II, IV, dan V sedangkan untuk SMP Kelas VII dan VIII dan SMA Kelas X dan XI. Jumlah sekolah yang menjadi sekolah perintis adalah sebanyak 6.326 sekolah tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.
Kurikulum 2013 memiliki empat aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap, dan perilaku. Di dalam Kurikulum 2013, terutama di dalam materi pembelajaran terdapat materi yang dirampingkan dan materi yang ditambahkan. Materi yang dirampingkan terlihat ada di materi Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, dsb., sedangkan materi yang ditambahkan adalah materi Matematika.
Perangkat pembelajaran merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.
Di dalam halaman ini, kami menyediakan contoh perangkat pembelajaran berupa RPP dan Silabus Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 2 Revisi 2018. Untuk mengunduhnya, silahkan langsung klik saja Nama Filenya. Nanti akan diarahkan ke Google Drive, sobat guru bisa menyimpannya di Google Drive atau langsung mengunduhnya.
Berikut adalah Perangkat Pembelajaran Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 2 Revisi 2018:
1. RPP Kelas III SD/MI Semester 2 Tema 5 Subtema 1 : Keadaan Cuaca
2. RPP Kelas III SD/MI Semester 2 Tema 5 Subtema 2 : Perubahan Cuaca
3. RPP Kelas III SD/MI Semester 2 Tema 5 Subtema 3 : Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap ...
4. RPP Kelas III SD/MI Semester 2 Tema 5 Subtema 4 : Cuaca, Musim, Iklim
Untuk RPP Subtema 2, 3 dan 4 akan kami update di kemudian hari. Semoga Perangkat Pembelajaran Kelas 3 SD/MI kurikulum 2013 semester 2 Revisi 2018 ini bermanfaat! Selamat Mengajar!!

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter