Penulisan Daftar Pustaka Dalam Karya Ilmiah




Pada bagian akhir dari penulisan suatu karya ilmiah, kita harus mencantumkan referensi atau daftar rujukan atau daftar pustaka. Nah, dalam penulisan daftar pustaka, ada kaidah-kaidah yang benar dalam penulisa tersebut. Kita harus mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul artikel, hingga kota dan nama penerbit. Penjelasan secara lengkap sebagai berikut.
1. Nama
Pastikan nama yang kita tulis dalam daftar pustaka tersebut adalah penulis bukunya.
2. Judul
Dahulukan penulisan judul artikel yang menjadi sumber referensi. Penulisan tidak dengan format italic, melainkan tegak lurus dengan pemberian tanda kutip (“) pembuka dan penutup. Setelah itu, lanjutkan dengan penulisan sumber jurnal ataupun majalah yang memuat artikel tersebut. Penulisan nama jurnal, majalah, atau koran baru dicetak miring. Ikutkan di halaman berapa artikel tersebut dimuat yang ditulis dalam tanda kurung [(…)].
Data Artikel:
Judul Jurnal : Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1
Judul Artikel : Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota Pangkalpinang
Penulis : Umar Solikhan
Penerbit : Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kota Terbit : Pangkalpinang
Tahun Terbit : 2013
Cara Penulisan:
Solikhan, Umar. 2013. “Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota Pangkalpinang” dalam Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1 (hlm. 123-129). Pangkalpinang: Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

No comments for "Penulisan Daftar Pustaka Dalam Karya Ilmiah"