Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rambu Rambu Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas





A. Judul : singkat, spesifik, menunjukkan gambaran masalah,tindakan, hasil, dan lokasi, maksimal 15 kata

B. Bab I Pendahuluan:

1.  Latar belakang; berisi tentanhal yang terjadi di sekolah, bersifat penting, bersifat mendesak, dapat dilakukan, jelas masalahnya atau berupa kondisi ideal, kondisi nyata, gap kondisi ideal dan kondisi nyata serta pemecahan masalah
2.  Rumusan masalah; kalimat tanya yang berisi tentang : asumsi, lingkup penelitian, alternatif tindakan, indikator keberhasilan, dan cara penyelesaian masalah.
3.  Pemecahan masalah/identifikasi masalah; berisi tentang uraian alternatif tindakan berdasarkan prioritas tindakan pemecahan masalah.
4.  Tujuan; berisi tujuan umum, tujuan khusus atau cukup tujuan

berisi tentang tujuan yang dapat diukuketercapaiannya.

5.  Manfaat; berupa manfaat bagi siswa, guru, sekolah, atau komponen yang terkait. lebih baik kemukakan hal yang berupa inovasi.

C.  Bab II Kajian Teori

Berisi   tentang   teori    yang   mendasari   penelitian,   kajian   teori mengungkap  tentang  :  What  (apa)  berupa  definisi  atau  pengertian, Who  (  siapa)  berupa  siapa  penemu  atau       pendapat  siapa,  Why  ( mengapa)  mengapa  teori  itu  ada,         How  (  bagaimana)  teori  itu digunakan atau hasil penelitian terdahulu (yang telah dilakukan orang lain)

D. Bab III Metode Penelitian

1.  Seting  penelitian;  berisi  tentang  lokasi  sekolah,  kelas  berapa, jumlah  siswa,  komposisi  siswa,  situasi  lingkungan  siswa,  berapa lama penelitian dilakukan (sebutkan antarwaktu)

2.  Indikator   keberhasilan berisi   berup indikator   keberhasilan

yang  menjadi  acuan  keberhasilan  dalam  setiap  tindakan,  berupa gradasi seperti : 80-100 : sangat berhasil, 60-79 : berhasil, 40-59 : cukup  berhasil,  20-  39  :  kurang  berhasil,  0-19  :  tidak  berhasil. Kalau kemampuan kognitif yang diukur angka Kriteria Ketuntasan Minimal  bisa dijadikan sebagai acuan,
3.  Gambaran umum penelitian (siklus tindakan); berisi tindakan

tindakan tiap siklusnya, yang dalam setiap siklus berupa : kegiatan perencanaankegiatan  pelaksanaankegiatan  pengamatan  serta kegiatan refleksi, refleksi pada siklus pertama bisa dijadikan acuan untuk perencanaan tindakan pada siklus kedua dan seterusnya.
4.  Instrumen  yang  digunakan,  pedoman  observasi,  alat  perekam dll

E.  Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan

Berisi hasil pengamatan dari observer, analisis data  dan refleksi dari kegiatan  dalam  setiap  siklus.  Hasil                               refleksi  merupakan  rencana tindakan dalam tiap siklusnya. Hasil pengamatan berupa tindakan guru dan kegiatan siswa.

F.  Bab V  Kesimpulan dan Saran

Berisi kesimpulan dari penelitian dan saran tindakan perbaikan atas hasil penelitian (bisa berupa rekomendasi)


Itulah Rambu RambPenyusunan LaporaPenelitiaTindakan Kelas yang bisa digunakan dalam penyusunan laporan PTK. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Rambu Rambu Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas"