Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PEMBELAJARAN IPA DI SD

PembelajaranIPA di SD

Pembelajaran IPA di SD hampir sama mata pelajaran lain, hanya lebih melibatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Proses pembelajaran disesuaikan perkembangan kognitif siswa sekolah dasar.
Pembelajaran merupakan persiapan di masa depan dalam hal ini masa depan kehidupan anak yang ditentukan orangtua. Oleh karenanya, sekolah mempersiapkan mereka untuk hidup dalam masyarakat yang akan datang.

Menurut Oemar Hamalik (2008:25), pembelajaran merupakan suatu proses penyampaian pengetahuan, yang dilaksanakan dengan menuangkan pengetahuan kepada siswa. Sependapat Sugandi (2006:77), pendekatan keterampilan proses menekankan bagaimana siswa belajar mengelola perolehannya untuk dipahami dan dipakai sebagai bekal memenuhi kebutuhan kehidupan di masyarakat. Adapun tujuan pembelajaran IPA dalam KTSP dapat dicapai jika: (1) mencakup empat komponen, (2) menerapkan keterampilan proses, dan (3) menerapkan model kooperatif TGT. Model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe TGT mengandung unsur permainan, kerjasama, dan persaingan positif, sehingga guru lebih variatif, siswa antusias, tidak bosan, membantu menguasai materi dan mencapai tujuan pembelajaran.

Post a Comment for "PEMBELAJARAN IPA DI SD"