Friday, October 27, 2017

Karakter Mandiri dan Contohnya dalam Kehidupan

Karakter Mandiri


Karakter Mandiri dan Contohnya dalam Kehidupan – Dalam 18 Nilai Pendidikan Karakter Bangsa dijelaskan salah satunya adalah Karakter Mandiri. Karakter mandiri adalah Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. Selain itu, beberapa pengertian dari berbagai referensi menyebutkan bahwa Mandiri adalah sikap atau perilaku dalam bertindak yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan masalah atau tugas (Supinah dan Parmi, 2011). Menurut Knowless (Rusman, 2011) peserta didik yang mandiri harus mempunyai kreativitas dan inisiatif sendiri, serta mampu bekerja sendiri dengan merujuk pada bimbingan yang diperolehnya.

Sedangkan, menurut Prima Deli – dalam bdkpadang.kemenag.go.id dijelaskan bahwa Kemandirian merupakan keadaan  seseorang yang dapat berdiri sendiri yang tumbuh dan berkembang karena disiplin dan komitmen sehingga dapat menentukan diri sendiri yang dinyatakan dalam tindakan dan perilaku yang dapat dinilai. Kemandirian peserta didik dalam belajar salah satu faktor yang harus diperhatikan untuk mencapai hasil belajar yang baik.

Kemandirian belajar merupakan kondisi aktivitas belajar yang mandiri tidak tergantung orang lain, memiliki kemampuan,  serta bertanggung jawab sendiri dalam menyelesaikan masalah belajarnya. Kemandirian belajar akan tewujud apabila peserta didik aktif mengontrol sendiri segala sesuatu yang dikerjakan dalam proses pembelajaran. Pendidik mengarahkan peserta didik agar berperan serta dalam memilih dan menentukan apa yang akan dipelajarinya dan cara serta jalan apa yang akan ditempuhnya dalam belajar. Dengan demikian, tugas pendidik yang cenderung mengarahkan secara berangsur-angsur dapat  dikurangi.  Namun dibalik itu,  tugas pendidik yang penting sesungguhnya adaah merencanakan dan mempersiapkan situasi belajar mandiri sehingga apa yang dicapai peserta didik sebenarnya sesuai dengan yang direncanakan dan diinginkan oleh pendidik dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuatnya.

Urgensi Pendidikan Karakter Mandiri
Pemuda Indonesia memerlukan karakter mandiri. Rakyat indonesia yang mencita-citakan derajat yang sama dengan bangsa lain di dunia ini, lebih butuh pemimpin yang mempunyai karakter. Sebab itu mendidika karakter mandiri perlu diupayakan secara optimal.

Seseorang yang berkarakter mandiri, setelah tamat sekolah ia akan menggunakan ilmunya untuk menciptakan lapangan kerja dan menghasilkan uang. Sedangkan seorang yang bermental pegawai atau kuli, setelah menamatkan sekolahya, akan menggunakan ilmunya untuk mencari kerja, dan memboros-boroskan uang, serta bergantung kepada pihak-pihak lain. Dengan demikiansudah saatnya istilah siap pakai harus dikubur dalam-dalam, harus segera diganti dengan istilah siap mandiri. Sebab dalam kata siap pakai terkandung konotasi negatif, sedangkan pada kata siap mandiri terkandung makna positif. Siap pakai bersifat pasif, statis, dan bermental pengemis, sedangkan siap mandiri bersifat aktif, dinamis, kreatif dan produktif dan progresif.

Keberhasilan merupakan syarat untuk mencapai kemandirian. Tiada keberhasilan tanpa kerja keras, tiada kerja keras tanpa kemandirian, tiada kemandirian tanpa pendidikan dan pembentukan akhlak atau karakter mandiri.

Contoh Karakter Mandiri dalam Kehidupan
Betapa pentingnya karakter mandiri harus membuat kita semua harus terus belajar dan memulainya melalui hal-hal kecil dalam kehidupan. Berikut beberapa contoh membangun karakter mandiri dalam kehidupan:

  • Mencoba mengerjakan segalanya dengan diri sendiri tanpa bantuan apalagi di suruh  orang lain, seperti ketika mengutip sampah. Cobalah ambil sampah dengan tangan sendiri tak perlu orang lain. atau dalam membersihka ruangan, cobalah tergerak dengan hati sendiri.
  • Mencoba bersikap mandiri ketika kamu bisa menentukan jalan hidup sendiri dan bisa menentukan cita cita mulai sejak dini, tidak terlalu tergantung padang orang tua dan orang lain dan percaya pada apa yang kamu perbuat.
  • Bersikap rajin dan tidak tergantung pada orang lain. Selain itu, mencoba untuk selalu berani dalam hal apapun.
Ingat, apa yang pernah diungkapkan oleh Kang Maman - "Seorang ayah ingin anaknya untuk mandiri karena bila kami sudah tiada iya ingin anaknya dapat menghadapi semua masalahnya sendiri, bukan karena iya tak mau tapi karena iya menginginkan yang terbaik untuk yang terbaik dalam hidupmu."


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon