Saturday, August 19, 2017

Kerja Keras dan Kerja Cerdas



Secara sederhana kita dapat mengartikan kerja keras adalah kegiatan yang dikerjakan secara sungguh-sungguh tanpa mengenal lelah atau berhenti sebelum target kerja tercapai dan selalu mengutamakan atau memperhatikan kepuasan hasil pada setiap kegiatan yang dilakukan. Kerja keras dapat diartikan bekerja mempunyai sifat yang bersungguh-sungguh untuk mencapai sasaran yang ingin dicapai. Mereka dapat memanfaatkan waktu optimal sehingga kadang-kadang tidak mengenal waktu, jarak, dan kesulitan yang dihadapainya. Mereka sangat bersemangat dan berusaha keras untuk meraih hasil yang baik dan maksimal.

Secara umum, setiap orang pasti bisa mengartikan apa itu kerja keras. Namun, dalam kehidupan sehari-hari belum tentu setiap orang mampu melaksanakan dan memaknainya dalam kehidupan sehari-hari. Kerja keras dan kerja dalam waktu yang lama saja bukan menjadi patokan untuk mengukur tingkat kesuksesan seseorang. Sehingga, dalam hal ini setiap orang harus mampu bekerja cerdas pula.

Namun, jangan lupa bahwa semangat untuk bekerja keras merupakan salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan. Berikut empat cara memotivasi diri sendiri untuk bekerja keras seperti dikutip dari Business Insider (2017):
1. Fokus pada Tujuan Berkarir
Salah satu cara termudah mendorong diri sendiri adalah dengan merasa yakin pekerjaan tidak akan terasa berat saat Anda bekerja keras. Fokus pada tujuan Anda akan membuat pekerjaan apapun terasa jauh lebih mudah.
Buatlah kerja keras sebagai sesuatu yang mudah dengan menganggapnya sebagai tantangan untuk ditaklukan.

2. Berkumpul dengan Rekan Kerja yang Bekerja Keras
Hindari rekan kerja yang senang mengeluh dan malas. Pastikan Anda berkumpul dengan rekan kerja yang senang bekerja keras serta membantu Anda.
Itu lantaran pikiran dan perilaku Anda juga sedikit banyak dipengaruhi rekan kerja lain.

3. Permudah Pekerjaan yang Ada
Buatlah pekerjaan menjadi mudah dengan membaginya ke dalam tugas-tugas kecil. Yang terpenting adalah mengerjakannya secara keseluruhan dan langkah tadi akan membantu Anda membuatnya menjadi lebih mudah.

4. Bersikap Positif
Kegagalan dapat menimpa siapa saja yang tidak yakin dirinya dapat meraih kesuksesan. Pastikan Anda selalu berpikir dan bersikap positif saat bekerja.
Jangan pernah melihat pegawai lain sukses dengan rendah diri. Tapi jadikan kesuksesan orang lain sebagai cambuk untuk diri sendiri agar gemilang dalam berkarir.

Mau tau lebih dalam apa itu kerja keras dan kerja cerdas, yuk lihat video berikut.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon