Sunday, August 20, 2017

Karakter Kreatif Itu Penting Lho…



Apa itu kreativitas? Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru bagi dunia berdasarkan sebuah inovasi. Misalnya, ketika Newton merasakan ada buah Apel di kepalanya, ia merumuskan hukum gravitasi yang merupakan dasar dari banyak perhitungan hari ini. Ketika Thomas Alva Edison menganalisis kebutuhan cahaya untuk melawan kegelapan di malam hari, analisis ini membimbingnya dalam penemuan bola lampu listrik.

Kreativitas terletak pada diri setiap orang, tidak peduli apakah dia adalah seorang ilmuwan terkenal atau karyawan kelas rendah. Kreativitas terletak pada kedalaman jiwa anda dalam bentuk ide-ide inovatif yang baik. Namun kreativitas itu akan selamanya terkubur dalam diri anda apabila anda tidak merealisasikannya dalam sebuah inovasi konkrit yang bisa bermanfaat untuk anda dan dimanfaatkan oleh banyak orang. Sehingga yang anda perlukan hanyalah menciptakan sebuah inovasi dalam hidup anda. Biarkan kreativitas itu keluar dari dalam diri anda.

Abaikan saja pandangan masyarakat yang berusaha membatasi kreativitas anda, selama itu positif, anda harus memperjuangkannya. Anda dapat belajar untuk menjadi lebih kreatif dengan mengamati dan mengikuti jejak orang-orang yang kreatif di masa lalu dengan membaca dan mempelajari biografi mereka, seperti Newton, Thomas Alva Edison, Albert Einstein, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu maka dewasa ini dalam era yang penuh dengan tantangan maka karakter kreatif sangatlah penting agar seseorang mampu bersaing. Jangan takut untuk mulai mengasah karakter kreatifmu. Hal ini karena setiap orang sebenarnya bisa mengembangkan dirinya sendiri untuk memunculkan kreativitas secara maksimal. Jadi jangan bermalas-malasan mengasah sisi kreatif dan miliki karakter hebat sebagaimana yang dilansi dari Merdeka (16/4) berikut ini.

1. Orientasi asosiatif
Maksudnya adalah karakter yang penuh imajinatif, menyenangkan, kaya ide, mampu berkomitmen, dan bisa membedakan fakta dan fiksi.

2. Keorisinilan
Seperti sikap mau melawan aturan dan arus, siap memberontak karena kebutuhan dan kesadaran bahwa orang lain tidak ada yang mau melakukan sesuatu.

3. Motivasi
Orang-orang kreatif perlu memegang tujuan, inovatif, kuat saat menghadapi masalah sulit, dan berani tampil.

4. Ambisi
Karakter yang penuh ambisi diartikan sebagai kemampuan mempengaruhi orang lain, menarik perhatian, dan keinginan untuk diakui.

5. Fleksibilitas
Memiliki kemampuan untuk melihat aspek yang berbeda dari masalah dan memunculkan solusi yang optimal.

6. Kestabilan emosi yang rendah
Uniknya, orang-orang kreatif juga memiliki kecenderungan untuk merasakan emosi negatif, moody, dan terkadang sering kurang percaya diri.

7. Keramahan rendah
Orang-orang kreatif juga cenderung cuek, tidak peduli, keras kepala, dan kerap mengkritik kesalahan dan kekurangan ide orang lain.

Itulah daftar karakter yang dimiliki oleh orang-orang kreatif berdasarkan Profesor Oyvind L Martinsen dari BI Norwegian Business School. Sudah memiliki semuanya?

Selain itu, perilaku yang mempunyai daya saing dan penuh kreativitas pun sangat dibutuhkan dalam menghadapi era ini. Kreativitas merupakan sebuah harta berharga yang harus dimiliki setiap pemuda Indonesia pada zaman ini agar berhenti menjadi bangsa yang konsumtif menjadi bangsa yang produktif. Ciptakan sebuah terobosan terbaru dari berbagai aspek dan keahlian Anda. Bisa dari dunia seni, teknologi hingga metode pendidikan. Lakukanlah semuanya demi kebaikan bangsa ini. Maka kreativitas milik Anda tidak akan terbuang sia-sia dan bangsa ini dapat berdiri tegak diatas negara-negara lainnya.

Berikut beberapa contoh kegiatan kreatif dalam kehidupan sehari-hari.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon