Sunday, August 20, 2017

Belajar dari Orang Terkaya di Dunia



Siapa yang tidak tahu Bill Gates? Dia menduduki posisi urutan pertama sebagai orang terkaya di dunia. Ia merupakan pendiri perusahaan software yang banyak membantu orang dalam pekerjaan sehari–hari yaitu Microsoft. Tentu semua itu berkat kerja keras yang ia lakukan. Jatuh bangun sudah pasti dilewati Bill Gates dalam merintis bisnis nya.

Bernama lengkap William Henry "Bill" Gates III (lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955; umur 61 tahun) adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen. Ia menduduki peringkat tetap di antara orang-orang terkaya di dunia dan menempati peringkat pertama sejak 1995 hingga 2009, tidak termasuk 2008 ketika ia turun ke peringkat tiga.

Gates termasuk salah seorang pengusaha revolusi komputer pribadi terkenal di dunia. Meski demikian, taktik bisnisnya dikritik karena dianggap anti-kompetitif. Pada tahap-tahap akhir kariernya, Gates melakukan beberapa usaha filantropi dengan menyumbangkan sejumlah besar dana ke berbagai organisasi amal dan program penelitian ilmiah melalui Bill & Melinda Gates Foundation yang didirikan tahun 2000.

Tentu saja, itu merupakan pencapaian yang sangat luar biasa dan menginspirasi. Pasti kita penasaran Apa saja yang dilakukan Bill Gates agar bisa menjadi sukses seperti sekarang ini. Berikut kunci keberhasilan Bill Gates yang dapat dijadikan inspirasi sebagaimana dilansir dalam detik.com (02/08/2017):

1. Kecepatan
Dalam bisnis tentu di dalamnya ada persaingan di pasar. Siapa yang paling cepat, dialah yang menjadi terdepan. Bill Gates sangat tahu tentang hal ini, oleh karena itu dia memegang prinsip kecepatan dalam menjalan perusahaan.

2. Berpikir Jangka Panjang
Pada waktu Bill Gates keluar dari kampusnya, orang-orang mungkin ada yang menganggapnya gila. Namun, dia melakukan itu karena melihat sesuatu yang jauh lebih menarik di masa depan. Pada masa itu, belum dikenal adanya komputer tapi Bill Gates sudah bisa membayangkan bahwa suatu saat setiap orang akan membutuhkan komputer. Bill Gates tidak ingin menunda-nunda waktunya untuk segera membangun bisnis yang menurutnya sangat potensial.

3. Inovasi dan Kreativitas
Bill Gates menyadari bahwa setiap waktu dan kebutuhan manusia terus berubah. Oleh karena itu, produk yang mereka miliki juga disesuaikan dengan perubahan. Di sinilah arti pentingnya inovasi dan kreativitas agar perusahaan terus bertahan.

4. Terus Belajar
Meskipun sudah sukses, Bill Gates tetap percaya seseorang harus terus belajar dalam hidupnya. Meskipun dirinya pernah keluar dari kampus, Bill Gates tetap mengatakan kepada para pemuda bahwa menuntut ilmu di perguruan tinggi itu penting dan tidak harus ditinggalkan.

5. Ambil Tindakan
Dalam hidup memang dibutuhkan visi misi yang jelas. Akan tetapi, terkadang waktu seseorang lebih banyak terbuang karena memikirkan visi hidup mereka. Bill Gates cenderung berpikir sederhana dan lebih banyak melakukan sesuatu dibanding sekedar berbicara.

6. Fokus Pada Pengembangan Diri
Alasan kenapa Bill Gates sukses adalah karena dia mengetahui di bidang apa kemampuan dan minatnya. Dia fokus untuk mempertahankan dan mewujudkan impiannya. Keteguhan hati inilah yang mengantarkannya seperti hari ini.

Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan oleh Bill Gates yang dapat membuat dirinya sukses. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon