Tuesday, April 18, 2017

Tips Sukses Ala Jack Ma Orang Terkaya China yang dulunya GURU: “Meski Miskin, Tidak Jadi Milyader Tapi Sukses…”


Tips Sukses Ala Jack Ma Orang Terkaya China yang dulunya GURU: “Meski Miskin, Tidak Jadi Milyader Tapi Sukses…” - Jack Ma merupakan sosok yang amat menginspirasi dunia. Pendiri dari Alibaba, e-commerce nomor wahid di China itu ternyata semasa kecilnya bukan lah orang kaya, dengan gelimangan harta yang melimpah. Semasa kecil, Jack Ma sudah terlatih untuk hidup mandiri dan penuh kreativitas.

Untuk menjadi sesukses ini Jack Ma bukanlah tanpa perjuangan dan proses panjang berliku. berasal dari keluarga musisi dan pencerita di Hangzhou, Tiongkok. Ia pernah hidup pahit di masa Revolusi Kebudayaan dan mengalami berbagai kegagalan. Lelaki itu bangkit, membangun situs Alibaba, dan kini menjadi orang terkaya kedua di negerinya.

Bahkan, saat memasuki sekolah sejak SD, sampai SMA Jack perlu berkali-kali tes karena tidak hebat secara akademis. Pernah gagal masuk universitas ternama, ia kuliah setara program D-3 di Sastra Inggris Hangzhou Normal University, lulus tahun 1988. ”Ini universitas berkualitas kelas tiga atau empat secara nasional,” katanya.

Ketika KFC membuka cabang di Hangzhou, Jack melamar. Dari 24 pelamar, hanya dia yang gagal. Ia juga kandas menjadi polisi. ”Kegagalan menjadi bagian perjalanan hidup saya,” katanya.

Jack mengajar dan membuka kursus bahasa Inggris di Hangzhou. Para murid senang dengan cara Jack mengajar. Semasa kuliah, ia memperdalam kemampuan berbahasa Inggris sebagai pemandu gratis bagi turis. Dengan sepeda, ia menghampiri hotel yang ramai turis untuk mempraktikkan ilmunya. Dari peran ini, Jack memiliki sahabat pena yang kesulitan melafalkan nama Ma Yun sehingga kemudian memanggilnya ”Jack”. Hingga akhirnya, ia membuat situs Alibaba tempat dimana saat ini ada 800 juta transaksi di seluruh dunia per hari.

Pria sukses yang satu ini, ternyata pernah banyak gagalnya juga bukan? Ya, maka dari itu tirulah Jack Ma habiskan kegagalanmu dan capailah kesuksesanmu dengan kerja keras. Nah, bagi kalian yang ingin sukses seperti Jack Ma, bukanlah suatu yang mustahil. Berikut beberapa kunci kesuksesan Jack Ma semasa miskin, hingga sukses menjadi Milyader. Kunci sukses yang menurut sebagian orang itu tidak masuk akal atau ‘gila’ karena banyak orang yang dalam hidupnya terbalik-balik dalam menjalankannya. Malah, seorang Jack Ma mengubah itu menjadi kunci sukses yang anti mainstream. Mau tau kuncinya. Yuk simak!

  1. Saat miskin, kurangi waktumu dirumah, perbanyak kegiatanmu di luar. Saat kaya, perbanyaklah waktu dirumah, kurangi kegiatanmu diluar. Ini adalah “seni kehidupan”…
  2. Saat miskin, gunakanlah uangmu untuk orang lain, saat kaya gunakanlah uangmu untuk keluargamu dan orang-orang yang kamu cintai.
  3. Saat miskin, janganlah perhitungan, bersikap baiklah terhadap orang lain, ini namanya orang miskin banyak akal. Saat kaya, harus belajar membuat orang lain baik terhadapmu, dan kamu harus lebih baik lagi terhadap orang lain. Ini adalah cara hidup yang sangat indah, tapi hanya sedikit orang yang mengerti.
  4. Saat miskin harus royal, tetapi saat kaya, jangan pamer lahi. Hidup ini akan kembali dalam kesederhanaan, kembali dalam ketenangan.
  5. Masa muda adalah kekayaan paling besar, hargai setiap waktu kehidupan, tidak perlu takut pada kemiskinan! Yang penting kamu harus tahu bagaimana melatih diri, hal apa yang utama, apa yang harus diinvestasi dan kapan harus menghemat.
  6. Jangan sembarangan beli pakaian, kamu boleh beli sedikit, tapi belilah yang berkualitas baik. Perbanyaklah makan dengan orang luar, kamu harus merani mengeluarkan uang dan mentraktir orang-orang yang lebih berhikmat dan lebih giat darimu.
  7. Ketika uang untuk kehidupanmu sudah cukup, kebahagiaan terbesar adalah menggunakan hasil kerja kerasmu sendiri untuk menggapai impianmu! Bentangkanlah sayapmu, kejar mimpimu, dan biarkan hidupmu melewati perjalanan yang berbeda! (diolah dari berbagai sumber/image:pengusaha.us)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon