Friday, March 24, 2017

Bukan Sistem Kebut Semalam, Simak 9 Tips Belajar Cerdas!

Belajar - sumber gambar diakses via Bimbel Gading Serpong

GURUMUDA.ID, Semarang – Bukan Sistem Kebut Semalam, Simak 9 Tips Belajar Cerdas, Banyak diantara siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Hal ini dikarenakan harus banyak menghafal pelajaran secara terus menerus. Selain kejenuhan, anak juga mengalami tekanan dalam belajar sehingga kebanyakan melakukan sistem belajar kebut semalam. Bukannya bisa, kebanyakan sistem ini hanya akan menambah beban dalam belajar. Oleh sebab itu cobalah beberapa tips dalam belajar ini deh:

1. Cobalah tempat tak biasa
Belajar dimeja belajar terus menerus hanya akan membuatmu jenuh. Mulailah kreatif dalam belajar. Cobalah tempat-tempat yang anti mainstream dalam belajar, misalnya cafe atau taman. Bisa juga kamu belajar saat tengah berada di bus atau saat sedang antre.
 
2. Waktu tak biasa, juga bisa jadi solusi
Belajar adalah proses sepanjang waktu. Jika kamu hanya membatasi belajar hanya sepulang sekolah? Atau sebelum tidur? Sebaiknya kamu tidur lebih awal dan bangun lebih awal, jadi materi yang kamu pelajari lebih fresh ketika kamu masuk sekolah. Akan lebih baik kamu mereview catatan sesaat setelah pelajaran usai.

3. Jangan belajar dengan menandai saja
Memberi tanda dengan stabilo dalam pelajaranmu belum tentu akan meningkatkan kualitas belajarmu. Hal ini cenderung akan menimbulkan banyak fokus. Tujuan kamu belajar adalah memahami seluruh konsep, bukan hanya menghafal poin yang spesifik. Mind-mapping dapat dapat menjadi alternatif kamu bisa menggunakan teknik koding warna.

4. Belajarlah secara aktif
Berhentilah membaca textbook. Membaca itu pasif. Cobalah ambil kertas dan tuliskan apapun yang muncul di memori kamu, seperti waktu sebuah kejadian bersejarah atau rumus matematika. Pengulangan metode seperti ini akan membantu memori baik jangka pendek maupun jangka panjang kamu.

5. Belajar sambil minum, minuman favorit kamu
Meminum hal yang biasa bisa jadi tidak akan membuat dirimu fresh. Cobalah, dengan meminum air minum yang dicampur dengan buah atau kopi. Minuman ini akan memberi kamu ekstra vitamin yang menjaga otak kamu tetap terjaga dan segar sepanjang hari.

6. Istiqomah dalam belajar
Tujuan utamanya adalah kualitas bukan kuantitas. Semakin banyak waktu yang dihabiskan tidak berkorelasi dengan hasil yang kamu dapatkan untuk memori jangka panjang kamu. Cobalah untuk belajar dengan rutin. Cukup itu kuncinya.

7. Gunakan intuisi dan hatimu agar ikhlas dalam belajar
Berpikirlah seperti seorang guru. Jika ada sebuah materi yang kamu rasa menonjol dan kamu memahaminya, bisa jadi materi itu akan keluar saat ujian. Kebanyakan textbook memiliki bagian ringkasan di tiap akhir bab, kamu bisa memanfaatkan itu dalam belajarmu.


Jadi, mulai sekarang, belajar cerdas, belajar istiqomah, dan belajar ikhlas.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon